Page 91 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 91

Cakrawala Pendidikan 3



          merangsang  siswa  untuk  berpikir.  Melalui  pertanyaan,  siswa
          didorong  untuk mencari dan menemukan jawaban yang tepat dan
          memuaskan.  Dalam  mencari  dan  menemukan  itu  ia  berpikir
          menghubung-hubungkan  bagian  pengetahuan  yang  ada  pada
          dirinya  dengan  isi  pertanyaan  itu.  Jawaban  segera  diperoleh  jika
          isi  pertanyaan  banyak  kaitannya  dengan  pengetahuan  yang  ada
          pada  dirinya.  Jika  jawaban  yang  diminta  belum  siap  dimilikinya,
          maka  hal  ini  menjadi  pendorong  untuk  menemukannya.  Ia  akan
          menjelajahi  data-data jawaban  melalui  berbagai  cara  yang  tepat.
          Proses yang  dilakukannya  ialah  dengan  membaca,  meneliti,  atau
          diskusi.  Membaca  informasi  dari  berbagai  sumber  adalah  salah
          satu teknik untuk menemukan jawaban,  penelitian di  laboratorium,
          di  lapangan,  di  museum,  atau  di  tempat-tempat  sumber  belajar
          lainnya  juga  merupakan  cara  untuk  menemukan  jawaban.  Jika
          pencarian  jawaban  dilakukan  melalui  penelitian  atau  dengan
          membaca  informasi  dari  berbagai  sumber  sebanyak-banyaknya,
          maka guru telah  berhasil  menciptakan suasana  belajar yang  baik.
          Kegiatan  belajar  seperti  itu  sangat  membantu  dalam  membina
          manusia seutuhnya.
                 Penggunaan  metode  tanya  jawab  adalah  wajar  apabila
          ditujukan  untuk:  (1)  meninjau  pelajaran  lalu,  dan;  (2)  mengulangi
          pembicaraan  untuk  mendapatkan  kerjasama  siswa.  Jika  dilihat
          dari  isi  intensitasnya,  pertanyaan  itu  ada  yang  baik dan  ada  yang
          buruk.  Pertanyaan  yang  baik,  ditandai  oleh:  (1)  adanya  respon
          dari  pihak  siswa  untuk  menjawabnya;  (2)  adanya  rasa  tidak  puas
          atas  jawaban  yang  diberikan;  (3)  adanya  pertanyaan  yang  tidak
          terlampau  menghendaki  jawaban  'ya'  atau  'bukan',  dan;  (4)
          pertanyaan yang jelas dan  mudah dipahami.
                 Pertanyaan  yang  baik  bergantung  pad  a:  (1)  cara
          seseorang   bertanya;   (2)   sikap   seseorang   mengajukan
          pertanyaan,  dan;  (3)  cara  memberi  giliran  dalam  menjawab
          pertanyaan.  Sikap  guru  bertanya  kepada  seseorang  berbeda
          dengan  sikap  guru  bertanya  kepada  kelompok  atau  kelas.  Sikap
          lain  yang  perlu  dikembangkan  dalam  mengajukan  pertanyaan
          ialah  sebagai  berikut;  (1)  pertanyaan  yang  pernah  diucapkan
          jangan sering diulang;  (2) isi pertanyaan hendaknya berkisar pada
          pokok bahasan tertentu;  (3)  pupuklah sikap mengajak siswa untuk
          bertanya,  dan  (4)  selalu  menuntun  siswa  dalam  menjawab
          pertanyaan kepada pokok pelajaran.


                                                                   79
   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96