Page 91 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 91
Cakrawala Pendidikan 3
merangsang siswa untuk berpikir. Melalui pertanyaan, siswa
didorong untuk mencari dan menemukan jawaban yang tepat dan
memuaskan. Dalam mencari dan menemukan itu ia berpikir
menghubung-hubungkan bagian pengetahuan yang ada pada
dirinya dengan isi pertanyaan itu. Jawaban segera diperoleh jika
isi pertanyaan banyak kaitannya dengan pengetahuan yang ada
pada dirinya. Jika jawaban yang diminta belum siap dimilikinya,
maka hal ini menjadi pendorong untuk menemukannya. Ia akan
menjelajahi data-data jawaban melalui berbagai cara yang tepat.
Proses yang dilakukannya ialah dengan membaca, meneliti, atau
diskusi. Membaca informasi dari berbagai sumber adalah salah
satu teknik untuk menemukan jawaban, penelitian di laboratorium,
di lapangan, di museum, atau di tempat-tempat sumber belajar
lainnya juga merupakan cara untuk menemukan jawaban. Jika
pencarian jawaban dilakukan melalui penelitian atau dengan
membaca informasi dari berbagai sumber sebanyak-banyaknya,
maka guru telah berhasil menciptakan suasana belajar yang baik.
Kegiatan belajar seperti itu sangat membantu dalam membina
manusia seutuhnya.
Penggunaan metode tanya jawab adalah wajar apabila
ditujukan untuk: (1) meninjau pelajaran lalu, dan; (2) mengulangi
pembicaraan untuk mendapatkan kerjasama siswa. Jika dilihat
dari isi intensitasnya, pertanyaan itu ada yang baik dan ada yang
buruk. Pertanyaan yang baik, ditandai oleh: (1) adanya respon
dari pihak siswa untuk menjawabnya; (2) adanya rasa tidak puas
atas jawaban yang diberikan; (3) adanya pertanyaan yang tidak
terlampau menghendaki jawaban 'ya' atau 'bukan', dan; (4)
pertanyaan yang jelas dan mudah dipahami.
Pertanyaan yang baik bergantung pad a: (1) cara
seseorang bertanya; (2) sikap seseorang mengajukan
pertanyaan, dan; (3) cara memberi giliran dalam menjawab
pertanyaan. Sikap guru bertanya kepada seseorang berbeda
dengan sikap guru bertanya kepada kelompok atau kelas. Sikap
lain yang perlu dikembangkan dalam mengajukan pertanyaan
ialah sebagai berikut; (1) pertanyaan yang pernah diucapkan
jangan sering diulang; (2) isi pertanyaan hendaknya berkisar pada
pokok bahasan tertentu; (3) pupuklah sikap mengajak siswa untuk
bertanya, dan (4) selalu menuntun siswa dalam menjawab
pertanyaan kepada pokok pelajaran.
79