Page 89 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 89

Cakrawala Pendidikan 3



        jems-Jenis  bahan  bidang  studi  itu  akan  membantu  di  dalam
        menentukan  proses  belajar  mengajar;  (3)  untuk  membantu  guru
        dalam  memilih  dan  menggunakan  media  instruksional  dan
        sumber  belajar  yang  tepat,  dan;  (4)  tugas  guru  tidak  sekedar
        mengajarkan  bahan  bidang  studi  keahliannya,  tetapi  juga
        bertugas   sebagai   tenaga   ahli   kependidikan   di   bidang
        perencanaan dan pengembangan kurikulum.

        Penguasaan Metode

               Metode  adalah  suatu  cara  yang  dipergunakan  untuk
        mencapai  tujuan  yang  telah  ditetapkan.  Dalam  proses  belajar
        mengajar,  metode yang diperlukan seorang guru bervariasi sesuai
        dengan  tujuan  yang  ingin  dicapai  setelah  pengajaran  berakhir.
        Untuk itu  menu rut Inlow ( 1963) suatu  metode didisain  sedemikian
        rupa  guna  memudahkan  proses  belajar  yang  secara  langsung
        dapat  menimbulkan  perubahan  pada  diri  si  pembelajar  (hal.  49).
        Dengan  demikian,  seorang  guru  tidak  akan  dapat  melaksanakan
        tugasnya bila ia tidak menguasai satupun metode mengajar.
               Dalam  proses mengajar,  guru tidak harus terpaku dengan
        menggunakan  satu  metode,  tetapi  harus  menggunakan  metode
        yang  bervariasi agar jalan  pengajaran  tidak  membosankan, tetapi
        menarik  perhatian  siswa.  Meski  penggunaan  metode  yang
        bervariasi  tidak  akan  menguntungkan  proses  belajar  mengajar
        bila  penggunaan  metode  tidak  tepat  dengan  situasi  yang
        mendukungnya.  Disinilah  kompetensi  guru  diperlukan  dalam  hal
        pemilihan metode yang tepat.
               Ada  banyak  metode  mengajar  yang  dapat  digunakan
        sesuai  dengan  situasi  yang  mendukungnya.  Namun,  hanya  tiga
        metode  mengajar  yang  akan  dibahas,  karena  ketiganya
        merupakan  metode  mengaJar  yang  umumnya  digunakan  oleh
        para  guru.  Ketiga  metode  mengajar  yang  dimaksud  adalah:  (1)
        metode  ceramah;  (2)  metode  tanya  jawab,  dan;  (3)  metode
        diskusi.
               Metode  ceramah,  adalah  metode  yang  boleh  dikatakan
        metode  tradisional,  karena  sejak  dulu  metode  ini  telah
        dipergunakan  sebagai  alat  komunikasi  lisan  antara  guru  dengan
        siswa  dalam  proses  belajar  mengajar.  Meski  metode  ini  lebih
        banyak menuntut keaktifan  guru  daripada  siswa tetapi  metode ini



                                                                 77
   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94