Page 84 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 84

Suripto &  Sumiyati,  Kompetensi Lulusan Lembaga Pendidikan



       terpuji.  Untuk keperluan  tersebut seorang  guru  harus  mengetahui
       dan  mempelajari  ilmu  keguruan  agar  ia  berkompeten  dalam
       menunaikan tugasnya sebagai pendidik formal bagi siswanya.
              Niepoth  (1983)  mendukung  pernyataan  tersebut  dengan
       mengatakan  bahwa  kompetensi,  "Competencies  may be  defined,
       as  the  ability  to  effectively  perform  required  core  processes,
       compatible with  the personal characteristics of the worker in  those
       situations  typically  encountered"  (hal.  32).  Kompetensi  dapat
       diartikan  sebagai  suatu  kemampuan  untuk  melaksanakan  proses
       inti  yang  dikehendaki  dengan  lebih  efektif,  sesuai  karakteristik
       seseorang dalam menghadapi situasi khusus.
              Guru yang  berkompeten  harus dapat memahami  isi,  jiwa,
       sifat mental,  minat,  dan  kebutuhan  setiap  siswanya  agar ia  dapat
       memberikan bimbingan dan  pelajaran sebaik-baiknya serta sesuai
       dengan  sifat-sifat  individual  setiap  siswa.  Karakteristik  guru  yang
       berkompeten  mencerminkan pemahamannya akan tuntutan tugas
       yang  menjadi tanggungjawabnya.
              Selanjutnya  Hall  dan  Jones  ( 1976)  berpendapat  tentang
       kompetensi,  "Competencies  are  composite  skills,  behavior,  or
       knowledge  that  can  be  demonstrated  by  the  learner  and  are
       derived  from  explicit conceptualizations  of the  desired  outcomes
       of  learning"  (hal.  11 ).  Pendapat  tersebut  mengatakan  bahwa
       kompetensi  adalah  gabungan  dari  pengetahuan,  keterampilan,
       atau  perilaku  yang  dapat  ditunjukkan  oleh  para  pembelajar  dan
       diperoleh  dari  konsep  yang  jelas  mengenai  hasil  belajar  yang
       diinginkan.
              Suatu  kompetensi  adalah  suatu  pernyataan  yang
       menggambarkan  perbuatan  nyata  dari  gabungan  keterampilan
       yang   sifatnya   khusus   tersebut.   Pemilikan   pengetahuan,
       keterampilan,  atau  perilaku  ini  dituntut  oleh  jabatan  atau
       pekerjaan  tertentu  dan  kemampuan  tersebut  umumnya  diperoleh
       melalui  pendidikan atau  latihan.  Misalnya guru  melalui pendidikan
       keguruan.  Jadi  suatu  kompetensi  merupakan  seperangkat
       pengetahuan,  keterampilan,  atau  perilaku  yang  harus dimiliki oleh
       seseorang  yang  berguna  dalam  pelaksanaan  tugasnya.  Khusus
       dalam  bidang  keguruan,  hal  ini  berarti  kemampuan  tersebut
       mengimplikasikan  apa  yang  seharusnya  dilakukan  oleh  seorang
       guru dalam pelaksanaan tugasnya.




       72
   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89