Page 80 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 80
lndrawati, Implikasi Standar Pendidikan
sekaligus menguji dan menerapkan pengetahuan serta
keterampilan yang diperolehnya dalam proses pembelajaran
pertanian. Dengan bekal jumlah dan kualitas 8DM yang memadai,
baik di pusat maupun di daerah, ketersediaan sarana dan
prasarana yang menunjang pelaksanaan program, kemantapan
pengalaman dalam menyelenggarakan sistem pendidikan terbuka
dan jarak jauh, serta ketersediaan jaringan kerjasama yang telah
dirintis, maka UT memiliki keyakinan dapat menyelenggarakan
program 81 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian dengan baik.
Saran
Dalam proses persiapan hingga pembukaan suatu program
studi khususnya di lingkungan Universitas Terbuka sebagai
Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PT JJ), hal penting yang perlu
diperhatikan adalah penyusunan struktur kurikulum yang mapan
sejalan dengan persiapan ketersediaan bahan ajar cetak dan non
cetak, sehingga pada saat keluarnya ijin operasional program
studi tidak terhambat oleh ketersediaan bahan ajar bagi
mahasiswa sebagai peserta didik.
Dalam upaya agar program 81-PKP mampu menjawab
beragam latarbelakang pendidikan yang dapat berpartisipasi
dalam studi, perlu diupayakan pemenuhan dan penjaminan
kualitas program 81-PKP melalui evaluasi dan peningkatan
kualitas yang berkelanjutan (check, recheck, and revise),
peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mengelola
program 81-PKP melalui pendidikan formal lanjut dan atau
pelatihan berkelanjutan, serta peningkatan kualitas pengelolaan
program 81-PKP (efektivitas, efisiensi, akuntabilitas, dan
kolaborasi).
68