Page 76 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 76
/ndrawati, Implikasi Standar Pendidikan
uraian yang bersumber dari beberapa matakuliah pendukung TAP
untuk mengetahui wawasan mahasiswa terhadap penerapan
ilmu-ilmu yang telah dipelajari. Program studi memberikan
panduan belajar kepada semua mahasiswa yang memenuhi
syarat untuk mengikuti TAP setiap semester.
Dengan program dan kurikulum tersebut, diharapkan
program 81-PKP akan dapat menghasilkan lulusan penyuluhan
pertanian yang berkualifikasi sarjana yang mengenal masyarakat
yang disuluh, menguasai materi yang disuluhkan, terampil
menyampaikan materi penyuluhan secara menarik, serta menjadi
model dan panutan dalam berperilaku bagi masyarakat. 8truktur
kurikulum dan rincian matakuliah selengkapnya dapat dilihat
dalam Katalog UT tahun 2005-2006, pada halaman 62-72.
Kelulusan
Jumlah dan mutu lulusan merupakan salah satu indikator
yang digunakan oleh FMIPA-UT untuk melihat kualitas dan
keberhasilan pelaksanaan program 8 1-PKP. 8ecara akademik,
mahasiswa dinyatakan lulus jika mencapai IPK minimal 2 (dua).
Masa studi berlangsung selama 12 semester (6 tahun) dengan
beban 8K8 per semester kurang lebih antara 12 - 15 8K8.
Mahasiswa diwajibkan memiliki paket bahan ajar yang disediakan
oleh UT dan mengikuti tutorial tatap muka rancangan khusus
untuk matakuliah tertentu. Diharapkan dengan memiliki bahan
ajar, pemberian bantuan belajar, dan pelayanan yang optimal, UT
akan mampu menjaga jumlah dan mutu lulusan.
8eorang mahasiswa dapat dinyatakan lulus dari program
81-PKP jika memenuhi syarat berikut.
1. Telah menyelesaikan seluruh matakuliah yang disyaratkan,
minimal 144 sks (tanpa ada nilai E).
2. Nilai MKDU41 04 (Pendidikan Pancasila) minimal C.
3. Nilai Praktek Kerja Lapang (PKL) dan Tugas Akhir Program
(TAP) minimal C
4. IPK minima12,00.
64