Page 71 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 71
Cakrawala Pendidikan 3
sampai sekarang belum ada kesepakatan komunitas bidang
ilmu secara tertulis.
3. Pengkajian kurikulum dari perguruan tinggi lain yang
menawarkan program sejenis, yaitu dari :
a. Universitas Lampung (UNILA) program studi 81
Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian.
b. lnstitut Pertanian Bogor (IPB) program studi 81
Penyuluhan dan Pembangunan Masyarakat Desa.
c. 8ekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (8TPP)
Departemen Pertanian.
Hasilnya digunakan sebagai bahan perbandingan dengan
kurikulum program 81-PKP Universitas Terbuka.
4. Pengkajian kurikulum program D-Ill Penyuluhan Pertanian.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengkaji kompetensi yang
diharapkan dicapai oleh mahasiswa program D-Ill Penyuluhan
Pertanian dan ruang lingkup materi kurikulum program D-Ill
Penyuluhan Pertanian. 8elanjutnya dilihat keterkaitan antara
kurikulum program D-Ill Penyuluhan Pertanian dan 81-PKP.
Hasil dari kegiatan 1n1 memberikan masukan untuk
pengembangan kurikulum program 81-PKP beserta
rancangan matakuliah, Garis-Garis Besar Program
Pengajaran dan kelengkapannya lainnya.
5. Diskusi dengan pakar penyuluhan tentang kemampuan atau
kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh para penyuluh
pertanian yang berkualifikasi sarjana. 8umbang saran
difokuskan pada fungsi dan peran seorang 8arjana
Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang profesional
dalam mengembangkan, melaksanakan, dan menilai program
pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas penyuluhan
pertanian berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah. Dari kegiatan ini
diperoleh hasil berupa profillulusan 81-PKP.
Tindak lanjut dari serangkaian kegiatan tersebut dan
dengan berbekal rumusan profil lulusan 81-PKP maka dilakukan
penyempurnaan kurikulum dengan kurikulum berbasis
kompetensi. Hasil penyempurnaan tersebut dapat dilihat pada
struktur kurikulum 8 1-PKP UT.
Program 81-PKP FMIPA-UT mempunyai 3 (tiga) bidang
keahlian yaitu Pertanian, Peternakan, dan Perikanan.
59