Page 71 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 71

Cakrawala Pendidikan 3


             sampai  sekarang  belum  ada  kesepakatan  komunitas  bidang
             ilmu secara tertulis.
         3.  Pengkajian  kurikulum  dari  perguruan  tinggi  lain  yang
             menawarkan program sejenis,  yaitu dari :
             a.  Universitas   Lampung   (UNILA)   program   studi   81
                Penyuluhan dan  Komunikasi Pertanian.
             b.  lnstitut  Pertanian  Bogor  (IPB)  program  studi  81
                Penyuluhan dan  Pembangunan  Masyarakat Desa.
             c.  8ekolah   Tinggi   Penyuluhan    Pertanian   (8TPP)
                Departemen Pertanian.
             Hasilnya  digunakan  sebagai  bahan  perbandingan  dengan
             kurikulum program 81-PKP Universitas Terbuka.
         4.  Pengkajian  kurikulum  program  D-Ill  Penyuluhan  Pertanian.
             Kegiatan  ini  dilaksanakan  untuk  mengkaji  kompetensi  yang
             diharapkan dicapai oleh  mahasiswa program D-Ill Penyuluhan
             Pertanian  dan  ruang  lingkup  materi  kurikulum  program  D-Ill
             Penyuluhan  Pertanian.  8elanjutnya  dilihat  keterkaitan  antara
             kurikulum  program  D-Ill  Penyuluhan  Pertanian  dan  81-PKP.
             Hasil  dari   kegiatan   1n1   memberikan  masukan  untuk
             pengembangan     kurikulum   program   81-PKP    beserta
             rancangan    matakuliah,   Garis-Garis   Besar   Program
             Pengajaran dan kelengkapannya lainnya.
         5.  Diskusi  dengan  pakar  penyuluhan  tentang  kemampuan  atau
             kompetensi  yang  seharusnya  dimiliki  oleh  para  penyuluh
             pertanian  yang  berkualifikasi  sarjana.  8umbang  saran
             difokuskan  pada  fungsi  dan  peran  seorang  8arjana
             Penyuluhan  dan  Komunikasi  Pertanian  yang  profesional
             dalam mengembangkan,  melaksanakan,  dan  menilai program
             pembelajaran  untuk  meningkatkan  efektivitas  penyuluhan
             pertanian  berdasarkan  kaidah-kaidah  ilmiah.  Dari  kegiatan  ini
             diperoleh hasil berupa profillulusan 81-PKP.

                 Tindak  lanjut  dari  serangkaian  kegiatan  tersebut  dan
         dengan  berbekal  rumusan  profil  lulusan  81-PKP  maka  dilakukan
          penyempurnaan    kurikulum   dengan    kurikulum   berbasis
          kompetensi.  Hasil  penyempurnaan  tersebut  dapat  dilihat  pada
         struktur kurikulum 8 1-PKP UT.
                 Program  81-PKP  FMIPA-UT  mempunyai  3  (tiga)  bidang
          keahlian   yaitu   Pertanian,   Peternakan,   dan   Perikanan.



                                                                  59
   66   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76