Page 66 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 66

lndrawati,  lmplikasi Standar Pendidikan



         3.  Menyiapkan  masyarakat  dan  petani  untuk  membangun
            pertanian yang berwawasan agribisnis.
         4.  Memberdayakan    masyarakat   dalam   berbagai   bidang
            kehidupan.

                Untuk  dapat  melaksanakan  tugas  pokok  tersebut  dan
         menyiapkan  tenaga  penyuluh  yang  mempunyai  wawasan  sesuai
         dengan  perubahan  paradigma  baru  penyuluhan,  seorang
         penyuluh  ahli  dituntut  untuk  memiliki  :  pemahaman  dan
         pengenalan   petani,   penguasaan   materi   pertanian   yang
         disuluhkan,  penguasaan  strategi  penyampaian  materi  pertanian
         kepada  petani  dan  pengelolaan  program  penyuluhan  secara
         efektif;  serta  mampu  mengembangkan  diri  sebagai  penyuluh
         profesional.  Oleh  karena  itu,  penyuluh  pertanian  diharapkan
         mempunyai kompetensi umum dan khusus sebagai berikut.
         1.  Kompetensi umum:
            Secara  umum,  seorang  penyuluh  pertanian  diharapkan
            bertaqwa  kepada  Tuhan  YME,  jujur,  disiplin,  mandiri,  luwes
             dan   terbuka,   tanggap/peka,   mampu   bekerja   sama,
             bertanggungjawab  dan  obyektif,  mampu  berkomunikasi
             dengan jelas dan kritis,  serta berwawasan lingkungan.
         2.  Kompetensi khusus:
             Secara khusus, seorang penyuluh diharapkan:
             a.  Menguasai  teori  dan  sistem  penyuluhan,  perkembangan
                petani dan kehidupan masyarakat.
             b.  Memiliki  sikap  dan  kemampuan  untuk  mengembangkan
                berbagai  aspek  pertanian/peternakan/perikanan  guna
                mendukung penyuluhan.
             c.  Menguasai  materi  pertanian  yang  disuluhkan  serta
                strategi penyampaiannya.
             d.  Memiliki  kemampuan  menjabarkan  materi  pertanian  yang
                disuluhkan    dengan    membuat     programa     dan
                mengevaluasi proses serta hasil penyuluhan.
             e.  Menguasai  teori  dan  keterampilan  penyuluhan  yang
                bersifat umum maupun hal-hal yang khusus.
             f.   Memiliki  sikap/perilaku  yang  dapat  memotivasi  serta
                mendorong petani untuk berubah.
             g.  Memiliki  kemampuan  melakukan  penelitian  praktis  baik
                berkaitan  dengan  materi  penyuluhan  maupun  materi


         54
   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71