Page 66 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 66
lndrawati, lmplikasi Standar Pendidikan
3. Menyiapkan masyarakat dan petani untuk membangun
pertanian yang berwawasan agribisnis.
4. Memberdayakan masyarakat dalam berbagai bidang
kehidupan.
Untuk dapat melaksanakan tugas pokok tersebut dan
menyiapkan tenaga penyuluh yang mempunyai wawasan sesuai
dengan perubahan paradigma baru penyuluhan, seorang
penyuluh ahli dituntut untuk memiliki : pemahaman dan
pengenalan petani, penguasaan materi pertanian yang
disuluhkan, penguasaan strategi penyampaian materi pertanian
kepada petani dan pengelolaan program penyuluhan secara
efektif; serta mampu mengembangkan diri sebagai penyuluh
profesional. Oleh karena itu, penyuluh pertanian diharapkan
mempunyai kompetensi umum dan khusus sebagai berikut.
1. Kompetensi umum:
Secara umum, seorang penyuluh pertanian diharapkan
bertaqwa kepada Tuhan YME, jujur, disiplin, mandiri, luwes
dan terbuka, tanggap/peka, mampu bekerja sama,
bertanggungjawab dan obyektif, mampu berkomunikasi
dengan jelas dan kritis, serta berwawasan lingkungan.
2. Kompetensi khusus:
Secara khusus, seorang penyuluh diharapkan:
a. Menguasai teori dan sistem penyuluhan, perkembangan
petani dan kehidupan masyarakat.
b. Memiliki sikap dan kemampuan untuk mengembangkan
berbagai aspek pertanian/peternakan/perikanan guna
mendukung penyuluhan.
c. Menguasai materi pertanian yang disuluhkan serta
strategi penyampaiannya.
d. Memiliki kemampuan menjabarkan materi pertanian yang
disuluhkan dengan membuat programa dan
mengevaluasi proses serta hasil penyuluhan.
e. Menguasai teori dan keterampilan penyuluhan yang
bersifat umum maupun hal-hal yang khusus.
f. Memiliki sikap/perilaku yang dapat memotivasi serta
mendorong petani untuk berubah.
g. Memiliki kemampuan melakukan penelitian praktis baik
berkaitan dengan materi penyuluhan maupun materi
54