Page 67 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 67
Cakrawala Pendidikan 3
lainnya yang mendukung pelaksanaan kegiatan
penyuluhan.
h. Memiliki kemampuan melaksanakan tugas administratif
dan manajerial yang mendukung upaya penyuluhan.
Guna memenuhi kompetensi yang diharapkan agar
dikuasai oleh para penyuluh maka Program S1-PKP diarahkan
untuk menghasilkan penyuluh yang menguasai materi pertanian/
peternakan/perikanan dan agribisnis yang akan disampaikan
kepada para petani, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan
penyuluhan.
Perangkat profil kompetensi lulusan S1-PKP dapat dipilah
menjadi 3 (tiga) kompetensi yaitu kompetensi utama, pendukung,
dan kompetensi lain. Sedangkan dari segi substansi
dikelompokkan menjadi 4 (empat) rumpun kompetensi yaitu
penguasaan bidang studi, pengetahuan tentang sasaran
penyuluhan, penyuluhan yang mendidik, serta pengembangan
kepribadian dan keprofesionalan seorang penyuluh. Penjabaran
selengkapnya mengenai profil lulusan program S1-PKP dapat
dilihat pada Tabel 1.
Kompetensi akhir lulusan Program S 1-PKP adalah
sarjana yang menguasai ilmu Penyuluhan yang dapat
mengaplikasikan ilmu Penyuluhan dan Komunikasi serta
agribisnis di bidang pertanian/peternakan/perikanan kepada
masyarakat tani nelayan. Kurikulum S1-PKP mengacu pada
Keputusan Mendiknas No. 0311 /U/1994 Pasal 11, yaitu Kurikulum
Nasional Program Sarjana Penyuluhan dan Komunikasi
Pertanian. Dengan pohon ilmu utamanya adalah ilmu Pertanian,
terdiri dari 5 (lima) kelompok matakuliah yaitu MPK, MKK, MKB,
MPB dan MBB sesuai kurnas S1-PKP tahun 1994. S1-PKP UT
dirancang untuk tiga bidang keahlian yaitu penyuluh bidang
pertanian, peternakan, dan perikanan. Kompetensi yang harus
dikuasai adalah sebagai berikut.
1. Memiliki kesadaran dan perilaku sebagai warganegara
berpendidikan yang agamis, demokratis dan cerdas.
2. Mampu menciptakan tatanan sosial budaya di lingkungan
petani yang memungkinkan terjadinya proses pengembangan
diri para petani.
55