Page 68 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 68
lndrawati, lmplikasi Standar Pendidikan
3. Menguasai konsep-konsep ilmu penyuluhan terutama yang
berkaitan dengan materi pertanian/peternakan/perikanan dan
agribisnis.
4. Menguasai materi penyuluhan pertanian dan agribisnis dari
pembuatan programa hingga mengevaluasi proses dan hasil
kegiatan penyuluhan.
5. Mampu meningkatkan wawasan dan kemampuan profesional
dalam penyuluhan pertanian/peternakan/perikanan dan
agribisnis.
6. Mampu menemukan dan memecahkan permasalahan
penyuluhan pertanian dalam arti luas.
7. Memiliki kemampuan melakukan penelitian praktis baik
berkaitan dengan materi penyuluhan maupun materi lainnya
yang mendukung pelaksanaan kegiatan penyuluhan.
8. Mampu mengelola dan mengembangkan penyelenggaraan
penyuluhan di bidang pertanian/peternakan/perikanan dan
agribisnis.
9. Mampu mengapresiasikan IPTEK8 sehingga mampu berfikir
dan bertindak sebagai 8arjana Penyuluhan dan Komunikasi
Pertanian.
10. Mampu mengembangkan diri secara mandiri, sehingga
senantiasa dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan
secara global.
Nama dan Bentuk Program
8ebagaimana dengan profil lulusan yang diharapkan,
program yang direncanakan akan diselenggarakan adalah
Program 8arjana Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
(Program 81-PKP). Program ini merupakan program jalur
akademik untuk menghasilkan lulusan yang dapat melaksanakan
tugas sebagai praktisi penyuluhan yang handal dan profesional
berdasarkan kaidah dan etika keilmuan yang dipelajarinya.
Program ini diharapkan dapat memacu motivasi penyuluh
pertanian untuk terus berupaya meningkatkan kualitas
penyuluhan pertanian.
Pada tahap awal program 81-PKP merupakan program
pendidikan dalam jabatan yang diselenggarakan melalui sistem
pendidikan jarak jauh. 8istem belajar jarak jauh merupakan
56