Page 63 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 63

Cakrawala Pendidikan 3



          (PNS),  penyuluh  swakarsa,  konsultan  penyuluhan  dan  agribisnis
          bidang pertanian/ peternakan/perikanan, ataupun dapat bekerja di
          LSM-LSM  bidang pertanian/peternakan/perikanan, dan lain-lain.
                 Dari  hasil  pertemuan  Menteri  Pertanian  dengan  Rektor
          UT  dalam  kegiatan  penyerahan  ijasah  lulusan  program  D-Ill
          Penyuluhan  Pertanian  di  Magelang  pada  tanggal  28  Mei  2003,
          diharapkan   adanya    upaya    memfasilitasi   peningkatan
          kualitas/kemampuan  penyuluh  pertanian  dengan  membuka
          program  S1.  Selanjutnya  FMIPA-UT  menindaklanjuti  permintaan
          dan  pertemuan  tersebut  di  atas  dengan  mengembangkan
          program  S1-PKP.  Hal tersebut di  atas yang  mendorong  UT untuk
          membuka  program  studi  S1  Penyuluhan  dan  Komunikasi
          Pertanian  sebagai  sarana  peningkatan  pendidikan  tenaga
          penyuluh  pertanian. Telah  keluar dukungan secara tertulis berupa
          surat  rekomendasi  dari  instansi  pengguna  yaitu  Kepala  Badan
          Pengembangan SDM Pertanian (surat rekomendasi terlampir).
                 Hasil  pertemuan  dan  seminar  dengan  pakar  llmu
          Penyuluhan  dan  Ketua  Himpunan  Penyuluhan  Nasional  yaitu
          Bapak  Prof.  Dr.  H. R.  Margono  Slamet,  dalam  rangka  studi
          kelayakan  pembukaan  program  S-1  PKP  diperoleh  masukan
          bahwa  Penyuluh  Pertanian  harus  mampu  menjadi  agen
          perubahan  dalam  mewujudkan  pembangunan  pertanian  yang
          berkelanjutan  menuju  masyarakat  tani  yang  madani,  untuk  itu
          diperlukan  pengetahuan  tentang  llmu  dan  Teknologi  Pertanian,
          Ekonomi  dan  Agribisnis,  Kemasyarakatan/  Pendidikan  Orang
          Dewasa  dan  Psikologi  Sosial.  Di  samping  itu,  dalam  membahas
          kurikulum  program  S1-PKP  juga  memperhatikan  prospek  dan
          tantangan  penyuluhan  di  Indonesia  tersebut  di  atas.  Hal  inilah
          yang  akan  menjadi  bahan  pertimbangan  dalam  menyusun
          kurikulum S 1-PKP agar sesuai kebutuhan dan tepat guna.

          Standar Nasional Pendidikan Tinggi
                 Standar  nasional  pendidikan  untuk  pembukaan  dan
          pemutupan  program  studi  baru  mengacu  kepada  Keputusan
          Menteri  Pendidikan  Nasional  Nomor  184/U/2001    tentang
          Pedoman  Pengawasan  Pengendalian  dan  Pembinaan  Program
          Diploma,  Sarjana,  dan  Pascasarjana,  Keputusan  Direktur
          Jenderal  Pendidikan  Depdiknas  Nom or  1 08/DI KTI/Kep/2001



                                                                  51
   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68