Page 65 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 65
Cakrawala Pendidikan 3
4. Pembukaan program studi baru harus memperhatikan
keadaan lingkungan yaitu penyelenggaraan program studi
oleh perguruan tinggi tinggi lain atau sekitarnya atau di
wilayahnya sehingga tidak terjadi persaingan yang tidak sehat
antar perguruan tinggi.
5. Pembukaan program studi atau jurusan baru dapat
menjanjikan peningkatan pemanfaatan sumber daya
pendidikan tinggi yang ada dan meningkatkan layanan
penyelenggaraan pendidikan tinggi.
6. Pembukaan program studi atau jurusan baru tidak akan
menimbulkan pergesekan internal dalam perguruan tinggi
sehingga menurunkan mutu kinerjanya.
Untuk memenuhi kriteria tersebut, ada lima langkah
utama yang harus ditempuh dalam mengembangkan studi
kelayakan pembukaan program studi, yaitu analisis kebutuhan,
pengembangan kurikulum, pengembangan sumber daya,
pengembangan pendanaan, dan pengembangan manajemen
akademis.
Artikel ini hanya membahas secara lebih mendalam
tentang proses pengembangan kurikulum program studi
Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, FMIPA-UT.
Pengembangan Kurikulum
Tujuan Program
Program S1-PKP diselenggarakan dengan tujuan untuk
meningkatkan kualitas pendidikan penyuluh pertanian,
selanjutnya diharapkan dapat berkontribusi terhadap
pembangunan pertanian khususnya tingkat kehidupan petani.
Menurut kebijakan nasional penyelenggaraan penyuluhan
pertanian tahun 2002 dicantumkan Penyuluh Pertanian bertugas :
1. Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas menuju
masyarakat madani.
2. Menyiapkan sumber daya manusia yang mampu
melaksanakan dan memanfaatkan otonomi daerah dengan
baik demi peningkatan mutu kehidupan masyarakat di
daerahnya.
53