Page 70 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 70
Indrawati, Implikasi Standar Pendidikan
pendidikan massal, lintas wilayah, dan lintas waktu. Program ini
ditujukan bagi penyuluh pertanian yan telah diangkat dan bekerja
di lingkup pertanian sebagai penyuluh pertanian. Untuk
selanjutnya dalam jangka panjang program S1-PKP diharapkan
dapat menampung lulusan SPP dan sederajat, terutama yang
berminat menjadi calon penyuluh swakarsa.
Program S1-PKP dirancang berisikan matakuliah yang
berkaitan langsung dengan pengembangan dan peningkatan
kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam
menjalankan tugas sebagai penyuluh pertanian yang profesional.
Dengan demikian materi dalam Program S1-PKP memiliki
motivasi aplikasi praktis yang cukup tinggi. Mengingat program ini
pada awalnya merupakan program pendidikan dalam jabatan
berdasarkan sistem pendidikan jarak jauh yang memungkinkan
penyuluh untuk berpartisipasi tanpa harus meninggalkan tugas di
sehari-hari. Tugas di lapang bagi para penyuluh yang sedang
bertugas dapat digunakan secara langsung sebagai laboratorium
praktis untuk menguji dan menerapkan pengetahuan baru yang
diperoleh selama/setelah mengikuti pendidikan.
Struktur Kurikulum
Kurikulum S1-PKP dikembangkan melalui beberapa
tahap sebagai berikut.
1. Penelusuran informasi tentang tugas penyuluh pertanian.
Tujuannya untuk memperoleh masukan tentang tugas
penyuluh baik berdasarkan aturan maupun berdasarkan
kenyataan di lapangan. Masukan berasal dari produsen,
pengguna tenaga penyuluh, serta para penyuluh yang
berguna bagi landasan perancangan pendidikan lanjutan.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendidikan penyuluhan
masih cenderung membutuhkan dan menuntut penyuluh
pertanian yang profesional dan handal.
2. Pengkajian kurikulum pendidikan nasional program studi
sarjana S1, yang bersumber pada buku KURNAS Program
Sarjana yang dikeluarkan oleh DIKTI, tahun 1994. Sekarang
KURNAS sudah tidak ada lagi digantikan oleh kesepakatan
komunitas bidang ilmu. Untuk llmu Penyuluhan Pertanian
58