Page 79 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 79
Cakrawala Pendidikan 3
dapat berasal dari mahasiswa yang mempunyai latar belakang D-
Ill Penyuluhan atau bidang yang sederajat. Direncanakan mulai
masa registrasi 20061, program ini bisa ditawarkan bagi calon
mahasiswa yang berijazah sekolah menengah umum atau yang
sederajat. Program ini Juga menerima alih kredit dari mahasiswa
yang berlatar belakang pendidikan diploma bidang
pertanian/peternakan/ perikanan atau yang sederajat.
Berdasarkan hal tersebut, pengembangan program S 1-
PKP selanjutnya diarahkan sebagai program utuh yang memiliki
keluwesan sistem multi entry setiap penyuluh dapat berpartisipasi
pada jenjang awal yang berbeda-beda Sistem multi entry ini
merupakan sistem yang sejauh ini sudah diterapkan oleh UT
sebagai penyelenggara pendidikan terbuka dan jarak jauh.
Dalam upaya agar program S1-PKP mampu menjawab
beragam tantangan tersebut, perlu diupayakan pemenuhan dan
penjaminan kualitas program S1-PKP melalui evaluasi dan
peningkatan kualitas yang berkelanjutan (check, recheck, and
revise), peningkatan kualitas sumber daya manusia yang
mengelola program S1-PKP melalui pendidikan formal lanjut dan
atau pelatihan berkelanJutan, serta peningkatan kualitas
pengelolaan program S 1-PKP ( efektivitas, efisiensi, akuntabilitas,
dan kolaborasi).
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Kebijakan pemerintah saat ini menetapkan bahwa kualifikasi
minimal Penyuluh Pertanian adalah lulusan program Diploma Ill.
Namun demikian, agar penyuluh dapat melaksanakan tugas
secara profesional, seyogyanya penyuluh berpartisipasi dalam
proses pengembangan diri secara berkelanjutan. Berkenaan
dengan itu, UT membuka program S1 Penyuluhan dan
Komunikasi Pertanian yang bertujuan menghasilkan penyuluh
yang menguasai materi bidang studi serta memiliki keterampilan
Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian.
Melalui program S1-PKP yang diselenggarakan UT
berdasarkan sistem belaJar terbuka dan jarak jauh. Penyuluh
Pertanian memiliki kesempatan untuk belajar sambil bekerja,
67