Page 88 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 88

Suripto &  Sumiyati,  Kompetensi Lulusan Lembaga Pendidikan


        drill  atau  pelatihan,  dan;  (4)  bahan  bidang  studi  eksperiensial,
        menekankan unsur kreativitas.
               Kriteria  pemilihan  bahan  bidang  studi:  (1)  bidang  studi  itu
        harus  diseleksi  dan  disesuaikan  dengan  kebutuhan;  (2)  bahan
        bidang studi yang tidak relevan  dengan  kebutuhan diganti dengan
        yang  baru;  (3)  bahan  bidang  studi  yang  makin  bertambah  itu
        harus  dipelajari  melalui  berbagai  media  komunikasi,  dan;  (4)
        bahan  bidang  studi  yang  makin  bertambah  itu  dipelajari  melalui
        berbagai pendekatan modul.
               Usaha  memecahkan  masalah  bertambahnya  bahan
        bidang  studi  itu  dilakukan  dengan  berbagai  cara.  Cara-cara  itu
        antara  lain  sebagai  berikut:  (1)  mengganti  bahan  bidang  studi
        yang  tidak  sesuai  dengan  perkembangan  ilmu  dan  teknologi;  (2)
        mengembangkan  sistem  pendekatan  yang  paling  sesuai  dengan
        kebutuhan  dan  perkembangan  anak;  (3)  menerapkan  prinsip
        belajar  yang  modern,  seperti;  CBSA  (Cara  Belajar  Siswa  Aktif),
        dan;  (4)  memilih  dan  menggunakan  metode  dan  media  yang
        bervariasi.
               Di  dalam  kerangka  memilih  bahan  bidang  studi,  kriteria
        yang  digunakan  sebagai  berikut:  (1)  bahan  bidang  studi  yang
        diajarkan  adalah  yang  bersifat  fundamental;  (2)  bahan  bidang
        studi  yang  hangat;  (3)  bahan  bidang  studi  yang  selalu  dihadapi
        berulang-ulang oleh  manusia dalam kehidupan  ; (4)  bahan bidang
        studi  yang  mengandung  unsur  pemecahan  masalah;  (5)  bahan
        bidang  studi  yang  praktis,  artinya  bahan  yang  dapat  digunakan
        untuk  kehidupan  sehari-hari,  dan;  (6)  bahan  bidang  studi  yang
        memiliki kedalaman dan keluasan yang berimbang.
               Cara-cara  menentukan  bahan  bidang  studi  adalah
        dengan menentukan pokok bahasan ke dalam jenis bahan  bidang
        studi,  baik  isi  maupun  cara  pendekatannya  dan  pada  prinsipnya
        sama.  Langkah-langkahnya  adalah  sebagai  berikut:  (1)  guru
        harus  mengetahui  dan  memahami  dulu  jenis-jenis  bahan  bidang
        studi itu,  dan;  (2) mempelajari pokok-pokok bahasan dalam GBPP
        (Garis-garis Besar Program Pengajaran).
               Selain  itu  seorang  guru  harus  memiliki  keterampilan
        menentukan  jenis  bahan  bidang  studi  yang  akan  diajarkannya
        dengan  alasan  sebagai  berikut:  (1)  untuk  menambah  khazanah
        keterampilan  menjabarkan  pokok  bahasan  ke  dalam  metode
        belajar mengajar yang  akan  dipakainya;  (2)  pengetahuan tentang



        76
   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93