Page 88 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 88
Suripto & Sumiyati, Kompetensi Lulusan Lembaga Pendidikan
drill atau pelatihan, dan; (4) bahan bidang studi eksperiensial,
menekankan unsur kreativitas.
Kriteria pemilihan bahan bidang studi: (1) bidang studi itu
harus diseleksi dan disesuaikan dengan kebutuhan; (2) bahan
bidang studi yang tidak relevan dengan kebutuhan diganti dengan
yang baru; (3) bahan bidang studi yang makin bertambah itu
harus dipelajari melalui berbagai media komunikasi, dan; (4)
bahan bidang studi yang makin bertambah itu dipelajari melalui
berbagai pendekatan modul.
Usaha memecahkan masalah bertambahnya bahan
bidang studi itu dilakukan dengan berbagai cara. Cara-cara itu
antara lain sebagai berikut: (1) mengganti bahan bidang studi
yang tidak sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi; (2)
mengembangkan sistem pendekatan yang paling sesuai dengan
kebutuhan dan perkembangan anak; (3) menerapkan prinsip
belajar yang modern, seperti; CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif),
dan; (4) memilih dan menggunakan metode dan media yang
bervariasi.
Di dalam kerangka memilih bahan bidang studi, kriteria
yang digunakan sebagai berikut: (1) bahan bidang studi yang
diajarkan adalah yang bersifat fundamental; (2) bahan bidang
studi yang hangat; (3) bahan bidang studi yang selalu dihadapi
berulang-ulang oleh manusia dalam kehidupan ; (4) bahan bidang
studi yang mengandung unsur pemecahan masalah; (5) bahan
bidang studi yang praktis, artinya bahan yang dapat digunakan
untuk kehidupan sehari-hari, dan; (6) bahan bidang studi yang
memiliki kedalaman dan keluasan yang berimbang.
Cara-cara menentukan bahan bidang studi adalah
dengan menentukan pokok bahasan ke dalam jenis bahan bidang
studi, baik isi maupun cara pendekatannya dan pada prinsipnya
sama. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: (1) guru
harus mengetahui dan memahami dulu jenis-jenis bahan bidang
studi itu, dan; (2) mempelajari pokok-pokok bahasan dalam GBPP
(Garis-garis Besar Program Pengajaran).
Selain itu seorang guru harus memiliki keterampilan
menentukan jenis bahan bidang studi yang akan diajarkannya
dengan alasan sebagai berikut: (1) untuk menambah khazanah
keterampilan menjabarkan pokok bahasan ke dalam metode
belajar mengajar yang akan dipakainya; (2) pengetahuan tentang
76