Page 93 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 93
Cakrawala Pendidikan 3
sejumlah siswa berkumpul untuk mendapatkan pengajaran dari
guru.
Dari uraian tersebut dapat dipahami bahwa pengelolaan
kelas adalah suatu usaha yang dengan sengaja dilakukan guru
mencapai tujuan pengajaran. Kesimpulan yang sangat sederhana
adalah, bahwa pengelolaan kelas merupakan kegiatan
pengaturan kelas untuk kepentingan pengajaran. Pengertian lain
dari pengertian pengelolaan kelas ditinjau dari paham lama, yaitu
mempertahankan ketertiban kelas. Sedangkan menurut
pengertian paham baru dikemukakan bahwa pengelolaan kelas
adalah proses seleksi dan penggunaan alat-alat yang tepat
terhadap problem dan simulasi kelas. Dalam hal ini guru bertugas
menciptakan, mempertahankan, dan memelihara
sistem/organisasi kelas, sehingga siswa dap2t memanfaatkan
kemampuannya, bakatnya, dan energinya pada tugas-tugas
individual. Hal ini sejalan dengan pengertian pengelolaan kelas
yang diberikan oleh Lemlech sebagai berikut,
"Classroom management is the archestration of
the classroom life; planning curriculum,
organizing, procedures and resources, arranging
the environment to maxtmtze efficiency,
monitoring student progress, anticipating potential
problems (Lemlech, 1979, hal. 5).
Menurut bahasa ini, yang dimaksud dengan pengelolaan
kelas adalah usaha dari pihak guru untuk menata kehidupan kelas
dimulai dari perencanaan kurikulum, penataan prosedur dan
sumber belajar, pengaturan lingkungan untuk memaksimumkan
efisiensi, memantau kemajuan siswa, dan mengantisipasi
masalah-masalah yang mungkin timbul.
Dari pemahaman tersebut diketahui, bahwa pengelolaan
kelas meliputi dua hal, yaitu: (1) pengelolaan siswa, dan; (2)
pengelolaan fisik. Dalam hal pengelolaan siswa, guru memberikan
bimbingan kegiatan belajar siswa sesuai dengan minat dan
kebutuhan siswa itu sendiri. Untuk menunjang kegiatan belajar
tersebut, guru mengelompokkan siswa ke dalam tiga kelompok:
(1) mengelompokkan menu rut kesenangan berkawan; (2)
mengelompokkan menurut kemampuan, dan; (3)
pengelompokkan menurut minat.
81