Page 93 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 93

Cakrawala Pendidikan 3



         sejumlah  siswa  berkumpul  untuk  mendapatkan  pengajaran  dari
         guru.
                Dari  uraian  tersebut  dapat  dipahami  bahwa  pengelolaan
         kelas  adalah  suatu  usaha  yang  dengan  sengaja  dilakukan  guru
         mencapai tujuan  pengajaran.  Kesimpulan  yang  sangat sederhana
         adalah,   bahwa   pengelolaan   kelas   merupakan   kegiatan
         pengaturan  kelas  untuk  kepentingan  pengajaran.  Pengertian  lain
         dari  pengertian  pengelolaan  kelas  ditinjau  dari  paham  lama,  yaitu
         mempertahankan     ketertiban   kelas.   Sedangkan   menurut
         pengertian  paham  baru  dikemukakan  bahwa  pengelolaan  kelas
         adalah  proses  seleksi  dan  penggunaan  alat-alat  yang  tepat
         terhadap problem dan simulasi  kelas.  Dalam hal  ini guru bertugas
         menciptakan,      mempertahankan,       dan      memelihara
         sistem/organisasi  kelas,  sehingga  siswa  dap2t  memanfaatkan
         kemampuannya,  bakatnya,  dan  energinya  pada  tugas-tugas
         individual.  Hal  ini  sejalan  dengan  pengertian  pengelolaan  kelas
         yang diberikan oleh Lemlech sebagai berikut,
                "Classroom  management  is  the  archestration  of
                the   classroom   life;   planning   curriculum,
                organizing,  procedures  and resources,  arranging
                the   environment   to   maxtmtze   efficiency,
                monitoring student progress,  anticipating potential
                problems (Lemlech,  1979,  hal.  5).
                Menurut bahasa  ini,  yang  dimaksud  dengan  pengelolaan
         kelas adalah usaha dari pihak guru untuk menata kehidupan kelas
         dimulai  dari  perencanaan  kurikulum,  penataan  prosedur  dan
         sumber  belajar,  pengaturan  lingkungan  untuk  memaksimumkan
         efisiensi,  memantau  kemajuan  siswa,  dan  mengantisipasi
         masalah-masalah yang  mungkin timbul.
                 Dari  pemahaman  tersebut  diketahui,  bahwa  pengelolaan
         kelas  meliputi  dua  hal,  yaitu:  (1)  pengelolaan  siswa,  dan;  (2)
         pengelolaan fisik.  Dalam hal pengelolaan siswa, guru memberikan
         bimbingan  kegiatan  belajar  siswa  sesuai  dengan  minat  dan
         kebutuhan  siswa  itu  sendiri.  Untuk  menunjang  kegiatan  belajar
         tersebut,  guru  mengelompokkan  siswa  ke  dalam  tiga  kelompok:
         (1)  mengelompokkan  menu rut  kesenangan  berkawan;  (2)
         mengelompokkan       menurut    kemampuan,       dan;    (3)
         pengelompokkan menurut minat.




                                                                  81
   88   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98