Page 97 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 97

Cakrawala Pendidikan 3


               Penempatan  lemari  atau  rak  tempat  penyimpanan
        barang-barang tidak ditaruh  di  mana  saja,  tetapi  sebaiknya diatur
        menu rut  prinsip:  (1)  mudah  dalam  mengambil  barang;  (2)  tidak
        menggangu lalu lintas; dan;  (3) dipandang estetis.  Prinsip tersebut
        diberlakukan  dalam  rangka  menunjang  proses  belajar  mengajar
        yang kondusif.
               Ventilasi  dan  penempatan  cahaya.  Ruang  belajar  yang
        pengap  akan  menyebabkan  kebosanan  bekerja,  apalagi  jika
        ruang  itu  gelap.  Untuk diperoleh  macam  ruang  yang  representatif
        untuk kegiatan  belajar,  perancang  bangunan  harus  bekerja  sama
        dengan  ahli  kurikulum.  Ia  akan  senantiasa  memberikan
        penjelasan  tentang  segala  kebutuhan  bagi  keperluan  belajar,
        terutama tentang ventilasi dan cahaya.


        Penggunaan Media
               Kata  'media'  berasal  dari  bahasa  latin  dan  merupakan
        bentuk  jamak  dari  kata  'medium',  yang  secara  harfiah  berarti
        'perantara  atau  pengantar'.  Dengan  demikian,  media  merupakan
        wahana  penyalur  pesan  atau  informasi  belajar.  Dalam  makna
        yang  demikian,  maka  media  bisa  dikonotasikan  dengan  istilah
        'alat'  dalam  pendidikan.  Dalam  pendidikan,  alat  didefinisikan
        sebagai apa  saja  yang  dapat dijadikan  perantara  untuk mencapai
        tujuan pendidikan.
               Menurut  Gerlach,  Vernon  S.,  et.  al.  (1980)  mengenai
        media,  "A  medium,  broadly conceived,  is any person,  material,  or
        even  that  establishes  conditions  which  enable  the  learner  to
        acquire  knowledgw,  skills,  and  attitudes"  (hal.  241 ).  Pendapat
        tersebut  mengatakan  bahwa,  suatu  media  merupakan  gambaran
        menyeluruh  mengenai  seseorang,  benda,  atau  peristiwa  yang
        memungkinkan  pembelajaran  memperoleh  pengetahuan,  sikap,
        dan  keterampilan.  Dalam  hal  ini,  guru,  materi  pelajaran,  dan
        lingkungan sekolah dapat dikategorikan sebagai media.
               Penggunaan  media  antara  lain  adalah  untuk  mengurangi
        verbalisme  agar  siswa  mudah  memahami  bahan  pelajaran  yang
        disajikan.   Penggunaan  media  harus  disesuaikan  dengan
        pencapaian tujuan.  Bila penggunaan  media tidak tepat membawa
        akibat  pada  pencapaian  tujuan  pengajaran  kurang  efektif  dan





                                                                 85
   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102