Page 102 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 102

lndrawati,  Implikasi Standar Pendidikan



        tantangan  abad  21  maka  diusulkan  pendekatan  learning  how to
        learn   yang   menekankan     kemampuan     belajar   secara
        berkelanjutan.  Artikel  ini  membahas  bagaimana  keterkaitan
        berbagai  latar  belakang  konsep  tersebut  dengan  cakupan
        kompetensi dan standar kompetensi PT.

        Tantangan Global Pendidikan Tinggi

               Dunia tengah  mengahadapi tantangan  perubahan  secara
        besar-besaran.  Masyarakat di  abad  21  antara  lain  akan  dibentuk
        dan  sangat  dipengaruhi  oleh  globalisasi  kegiatan  ekonomi,
        revolusi  teknologi  informasi  dan  komunikasi  (ICT),  demokratisasi
        dalam  sistem  politik,  dan  meningkatnya  kepentingan  ilmu
        pengetahuan  sebagai  mesin  pertumbuhan  di  segala  bidang
        aktivitas.   Dalam  proses  perubahan  masyarakat  tersebut,
        pendidikan  secara  umum  dan  terutama  pendidikan  tinggi  akan
        sangat berperan (Sadlak,  1998).
                Konsep  globalisasi  merupakan  ekspresi  geopolitik  baru,
        yang  mana  kekuatan  dan  kekuasaan  atas  teritorial  menjadi
        berkurang  pentingnya  dibanding  kemampuan  kontrol  dan  akses
        terhadap  pasar,  kemampuan  menghasilkan  dan  menggunakan
        pengetahuan dan teknologi  baru,  dan  kapasitas mengembangkan
        sumber  daya  manusia  (SDM).  Daya  saing  bangsa  semakin
        bergerak  dari  kekayaan  sumberdaya  alam  dan  tenaga  kerja
        murah,  menuju  kepada  inovasi  teknologi  dan  penerapan
        pengetahuan  secara  kreatif,  atau  kombinasi  dari  kedua  hal
        tersebut  (Sadlak,  1998).  Globalisasi  tidak  hanya  menyangkut
        masalah  ekonomi  saja,  melainkan  akan  meliputi  segala  bidang,
        termasuk bidang pendidikan.  Dengan demikian bangsa yang tidak
        mengikuti  perkembangan  tersebut  akan  cenderung  semakin
        tertinggal.
                Selain  pengaruh  globalisasi,  masih  ada  beberapa  faktor
        lain  yang  tidak  kalah  kompleksnya  dalam  mempengaruhi  dunia
        pendidikan  baik  secara  langsung  maupun  tidak  langsung.
        Menurut  UNESCO  dalam  Policy  Paper  for  Change  and
        Development  in  Higher  Education  (1995,  dalam  Sadlak,  1998),
        faktor  pengaruh  tersebut  adalah  demokratisasi,  regionalisasi,
        polarisasi ketidakadilan,  marginalisasi dan fragmentasi.




        90
   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107