Page 102 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 102
lndrawati, Implikasi Standar Pendidikan
tantangan abad 21 maka diusulkan pendekatan learning how to
learn yang menekankan kemampuan belajar secara
berkelanjutan. Artikel ini membahas bagaimana keterkaitan
berbagai latar belakang konsep tersebut dengan cakupan
kompetensi dan standar kompetensi PT.
Tantangan Global Pendidikan Tinggi
Dunia tengah mengahadapi tantangan perubahan secara
besar-besaran. Masyarakat di abad 21 antara lain akan dibentuk
dan sangat dipengaruhi oleh globalisasi kegiatan ekonomi,
revolusi teknologi informasi dan komunikasi (ICT), demokratisasi
dalam sistem politik, dan meningkatnya kepentingan ilmu
pengetahuan sebagai mesin pertumbuhan di segala bidang
aktivitas. Dalam proses perubahan masyarakat tersebut,
pendidikan secara umum dan terutama pendidikan tinggi akan
sangat berperan (Sadlak, 1998).
Konsep globalisasi merupakan ekspresi geopolitik baru,
yang mana kekuatan dan kekuasaan atas teritorial menjadi
berkurang pentingnya dibanding kemampuan kontrol dan akses
terhadap pasar, kemampuan menghasilkan dan menggunakan
pengetahuan dan teknologi baru, dan kapasitas mengembangkan
sumber daya manusia (SDM). Daya saing bangsa semakin
bergerak dari kekayaan sumberdaya alam dan tenaga kerja
murah, menuju kepada inovasi teknologi dan penerapan
pengetahuan secara kreatif, atau kombinasi dari kedua hal
tersebut (Sadlak, 1998). Globalisasi tidak hanya menyangkut
masalah ekonomi saja, melainkan akan meliputi segala bidang,
termasuk bidang pendidikan. Dengan demikian bangsa yang tidak
mengikuti perkembangan tersebut akan cenderung semakin
tertinggal.
Selain pengaruh globalisasi, masih ada beberapa faktor
lain yang tidak kalah kompleksnya dalam mempengaruhi dunia
pendidikan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Menurut UNESCO dalam Policy Paper for Change and
Development in Higher Education (1995, dalam Sadlak, 1998),
faktor pengaruh tersebut adalah demokratisasi, regionalisasi,
polarisasi ketidakadilan, marginalisasi dan fragmentasi.
90