Page 104 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 104
Indrawati, Implikasi Standar Pendidikan
Menurut Sadlak (1998), jumlah mahasiswa peserta PT di
seluruh dunia meningkat sekitar 61%, dari 51 juta di tahun 1980
menjadi 82 juta di tahun 1995. Peningkatan tersebut tentunya
tidak merata di seluruh bagian dunia. Menurut data dari World
Bank, ada korelasi yang jelas antara pembangunan ekonomi
suatu negara dengan jumlah peserta didik di tingkat PT. Jumlah
mahasiswa di negara kaya meningkat sekitar 51%, negara
berpenghasilan menengah meningkat sekitar 21%, dan negara
miskin meningkat sekitar 6% (World Bank 1995, dalam Sadlak,
1998).
Secara umum kebutuhan akan akses terhadap PT
tersebut lebih merupakan suatu keharusan akibat tututan pasar
tenaga kerja. Di negara industri, sekitar 40% dari seluruh
lowongan pekerjaan yang ada menuntut sekitar 16 tahun masa
sekolah dan pelatihan. Tuntutan tersebut akan segera menyebar
pula ke negara berkembang mengingat pasar tenaga kerja yang
juga mengglobal. Dengan demikian semakin jelas bahwa orang
dituntut untuk lebih menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,
terutama teknologi informasi.
Dalam proses globalisasi harus disebutkan pula faktor
pengaruh yang sangat besar yaitu ilmu pengetahuan dan
teknologi, terutama ICT. Perkembangan bidang ICT yang sangat
berpengaruh besar tentunya adalah adanya jaringan internet.
Internet pada awalnya dikembangkan untuk menyediakan
jaringan komunikasi yang murah, cepat, dan berdaya jangkau
tinggi, namun pada akhirnya internet menjadi alat canggih bagi
perkembangan ekonomi dan budaya pula. Internet juga terbukti
menyebabkan revolusi dalam perolehan informasi di kalangan PT,
mempengaruhi bagaimana mahasiswa mendapatkan sumber
pengetahuan, dan bagaimana ilmuwan bekerja berkolaborasi
dengan ilmuwan lain, serta menyebarkan hasil penelitiannya.
lstilah the university without walls yang marak sejak
1970an, dan berkembangnya konsep universitas terbuka serta
pendidikan jarak jauh, semakin matang dengan bantuan ICT
sehingga pada era sekarang menjadi virtual university. Menurut
berbagai estimasi ada ratusan intitusi pendidikan jarak jauh yang
dibuka saat ini, dan jutaan mahasiswa menjadi pesertanya di
seluruh dunia. lnstitusi tersebut selain memberikan gelar
akademis, juga dapat menyelenggarakan pelatihan bagi pegawai
92