Page 104 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 104

Indrawati,  Implikasi Standar Pendidikan



                Menurut Sadlak  (1998),  jumlah  mahasiswa  peserta  PT  di
         seluruh  dunia  meningkat sekitar 61%,  dari  51  juta  di  tahun  1980
         menjadi  82  juta  di  tahun  1995.  Peningkatan  tersebut  tentunya
         tidak  merata  di  seluruh  bagian  dunia.  Menurut  data  dari  World
         Bank,  ada  korelasi  yang  jelas  antara  pembangunan  ekonomi
         suatu  negara  dengan jumlah  peserta  didik di  tingkat  PT.  Jumlah
         mahasiswa  di  negara  kaya  meningkat  sekitar  51%,  negara
         berpenghasilan  menengah  meningkat  sekitar  21%,  dan  negara
         miskin  meningkat  sekitar  6%  (World  Bank  1995,  dalam  Sadlak,
         1998).
                Secara  umum  kebutuhan  akan  akses  terhadap  PT
         tersebut  lebih  merupakan  suatu  keharusan  akibat  tututan  pasar
         tenaga  kerja.  Di  negara  industri,  sekitar  40%  dari  seluruh
         lowongan  pekerjaan  yang  ada  menuntut  sekitar  16  tahun  masa
         sekolah  dan  pelatihan.  Tuntutan  tersebut akan  segera  menyebar
         pula  ke  negara  berkembang  mengingat pasar tenaga  kerja  yang
         juga  mengglobal.  Dengan  demikian  semakin  jelas  bahwa  orang
         dituntut  untuk  lebih  menguasai  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi,
         terutama teknologi informasi.
                Dalam  proses  globalisasi  harus  disebutkan  pula  faktor
         pengaruh  yang  sangat  besar  yaitu  ilmu  pengetahuan  dan
         teknologi,  terutama  ICT.  Perkembangan  bidang  ICT yang  sangat
         berpengaruh  besar  tentunya  adalah  adanya  jaringan  internet.
         Internet  pada  awalnya  dikembangkan  untuk  menyediakan
         jaringan  komunikasi  yang  murah,  cepat,  dan  berdaya  jangkau
         tinggi,  namun  pada  akhirnya  internet  menjadi  alat  canggih  bagi
         perkembangan  ekonomi  dan  budaya  pula.  Internet juga  terbukti
         menyebabkan revolusi dalam perolehan  informasi di kalangan  PT,
         mempengaruhi  bagaimana  mahasiswa  mendapatkan  sumber
         pengetahuan,  dan  bagaimana  ilmuwan  bekerja  berkolaborasi
         dengan ilmuwan lain,  serta menyebarkan hasil penelitiannya.
                lstilah  the  university  without  walls  yang  marak  sejak
         1970an,  dan  berkembangnya  konsep  universitas  terbuka  serta
         pendidikan  jarak  jauh,  semakin  matang  dengan  bantuan  ICT
         sehingga  pada  era  sekarang  menjadi  virtual  university.  Menurut
         berbagai  estimasi  ada  ratusan  intitusi  pendidikan jarak jauh  yang
         dibuka  saat  ini,  dan  jutaan  mahasiswa  menjadi  pesertanya  di
         seluruh  dunia.  lnstitusi  tersebut  selain  memberikan  gelar
         akademis,  juga dapat menyelenggarakan  pelatihan  bagi  pegawai


         92
   99   100   101   102   103   104   105   106   107   108   109