Page 109 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 109

Cakrawala Pendidikan 3



         3.  Evaluasi  keberhasilan  merupakan  pengukuran  penguasaan
             kompetensi yang telah dicapai.
         4.  Relevansi yang lebih  besar pada dunia kerja yang  nyata.
         5.  Menekankan  kepada  kemampuan  berfikir  pada  level  yang
             lebih tinggi.
                 Dalam  PBK  tersebut,   yang  dimaksudkan  dengan
         kompetensi  adalah:  "seperangkat  tindakan  cerdas,  penuh
         tanggung  jawab,  yang  dimiliki  seseorang  sebagai  syarat
         kemampuan  untuk  mengerjakan  tugas-tugas  di  bidang  pekerjaan
         tertentu"  (Keputusan  Mendiknas  Rl  Nomor  045/U/2002).  Jelas
         bahwa  kompetensi  lulusan  yang  diharapkan  mencakup  bidang
         studi,  keterampilan,  sikap,  kepribadian,  dan  nilai  sebagai  seorang
         profesional.  Hal  tersebut  sesuai  dengan  pilar  yang  telah
         dicanangkan  UNESCO,  yaitu  bahwa  sesorang  lulusan  harus
         mampu  secara  keilmuan,  terampil  bekerja,  berkepribadian,  dan
         dapat bekerja sama dengan orang  lain.

         Cakupan Kompetensi

                 Bagi  perguruan  tinggi  di  Indonesia,  maka  cakupan
         kompetensi  yang  harus  dikuasai  termuat  dalam  Kep.  Mendiknas
         Rl  No.  045/U/2002.  Kompetensi  tersebut  meliputi  tiga  hal  berikut
         ini.
         1.  Kompetensi  Utama,  yaitu  kompetensi  inti  yang  diharapkan
             dikuasai  lulusan  bidang  studi  yang  kemudian  disebut
             kurikulum inti.
         2.  Kompetensi  Pendukung,  yaitu  kompetensi  yang  dibutuhkan
             untuk menunjang penguasaan kompetensi utama.
         3.  Kompetensi  lain,  yaitu  kompetensi  yang  dianggap perlu  untuk
             melengkapi kedua kompetensi di atas.
                 Pengelompokan  kompetensi  tersebut  berkaitan  pula
         dengan  empat  pilar  learning  yang  telah  diuraikan  sebelumnya.
          Melengkapi  semua  konsep  tersebut  perlu  dipertimbangkan
          pendekatan  learning  how  to  learn  yang  menjadi  kunci  utama
          untuk  mencapai  SDM  yang  kompetitif   dalam  menghadapi
         tantangan  masa depan.  Kerangka  berpikir yang  diusulkan penulis
          tertera pada Gambar 1.






                                                                   97
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114