Page 110 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 110
Indrawati, Implikasi Standar Pendidikan
ADAPTASI TERHADAP TANTANGAN MASA DEPAN I
l Cont,,h
Kt:RIKULlJM
Kunkulum
H I. Learn to Know I KOMPETENSI INTI
•KlJRlKULUM
UTAMA
H_ 2. Learn to Do I 1-::0MPETENSI •llmu Da!nt
I 5. Learn 3. Learn to Be PE:"'DLXUNG •Bahasa lnggns
to Learn
; ~ -;;";;.:. ~,;;.;, -l 1-::0MPETENSI •Self-Mgmt
1 • Ko:tr K..nnp.ll<:r 4. Learn to LAIN •Cn.tcs
1 • Ketr lnflmlli'l Liw Together I •Kctr KmtpuleJ
:_ :_ -~~~~~~':~~~~~~ ~ ·Ketr lnfcrmast
·Stud' SN.lls
Gam bar 1. Kerangka Berpikir Cakupan Kompetensi
Pendidikan Tinggi
Untuk memenuhi tujuan keempat pilar peserta didik
dituntut untuk selalu dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja
dan belajar secara berkelanjutan sehingga perlu dipertimbangkan
pendekatan learning how to learn, yang selama ini kurang banyak
ditekankan. Padahal dari pengalaman selama ini, informasi yang
kita dapatkan sewaktu bersekolah banyak yang kemudian
menjadi kedaluwarsa ketika kita sudah bekerja akibat perubahan
dan perkembangan situasi. Mungkin pelajaran yang masih
terpakai hanya beberapa prinsip dasar, logika, cara berpikir, atau
cara analisis. Berbagai macam hafalan yang kita pelajari secara
susuah payah di sekolah (dari SO sampai universitas) ternyata
sudah ketinggalan jaman ketika kita sudah bekerja. Untuk banyak
hal yang lainnya seseorang dituntut untuk mampu belajar secara
mandiri. Apabila keterampilan cara belajar (learning how to learn)
tersebut secara sistematis kita pelajari, maka harapannya adalah
proses belajar mandiri secara berkelanjutan seumur hidup itu
dapat dilakukan secara lebih efektif.
98