Page 110 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 110

Indrawati,  Implikasi Standar Pendidikan









           ADAPTASI TERHADAP TANTANGAN MASA  DEPAN I
                         l                               Cont,,h
                                            Kt:RIKULlJM
                                                         Kunkulum
                         H I. Learn to  Know I   KOMPETENSI   INTI
                                                         •KlJRlKULUM
                                             UTAMA
                         H_ 2.  Learn to Do I   1-::0MPETENSI   •llmu Da!nt
           I  5.  Learn   3.  Learn  to Be   PE:"'DLXUNG   •Bahasa  lnggns
             to  Learn
           ; ~ -;;";;.:. ~,;;.;, -l         1-::0MPETENSI   •Self-Mgmt
           1  •   Ko:tr  K..nnp.ll<:r   4.  Learn  to   LAIN   •Cn.tcs
           1  •   Ketr  lnflmlli'l   Liw  Together   I   •Kctr  KmtpuleJ
           :_ :_  -~~~~~~':~~~~~~ ~                      ·Ketr  lnfcrmast
                                                         ·Stud'  SN.lls




              Gam bar 1.  Kerangka Berpikir Cakupan  Kompetensi
                         Pendidikan Tinggi

                Untuk  memenuhi  tujuan  keempat  pilar  peserta  didik
        dituntut  untuk  selalu  dapat  beradaptasi  dengan  lingkungan  kerja
        dan  belajar secara  berkelanjutan  sehingga  perlu  dipertimbangkan
        pendekatan learning how to learn,  yang  selama ini kurang  banyak
        ditekankan.  Padahal  dari  pengalaman  selama  ini,  informasi  yang
        kita  dapatkan  sewaktu  bersekolah  banyak  yang  kemudian
        menjadi  kedaluwarsa  ketika  kita  sudah  bekerja  akibat perubahan
        dan  perkembangan  situasi.  Mungkin  pelajaran  yang  masih
        terpakai  hanya  beberapa  prinsip dasar,  logika,  cara  berpikir,  atau
        cara  analisis.  Berbagai  macam  hafalan  yang  kita  pelajari  secara
        susuah  payah  di  sekolah  (dari  SO  sampai  universitas)  ternyata
        sudah  ketinggalan jaman ketika  kita  sudah  bekerja.  Untuk banyak
        hal  yang  lainnya  seseorang  dituntut untuk  mampu  belajar secara
        mandiri.  Apabila  keterampilan cara  belajar (learning  how to  learn)
        tersebut secara  sistematis  kita  pelajari,  maka  harapannya adalah
        proses  belajar  mandiri  secara  berkelanjutan  seumur  hidup  itu
        dapat dilakukan secara lebih efektif.



        98
   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115