Page 111 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 111
Cakrawala Pendidikan 3
Learning to learn sebenarnya bukan hal yang baru.
Dalam llmu Pendidikan dapat dikelompokkan pada cognitive
approach to curriculum, yang mana kuncinya adalah lebih kepada
bagaimana peserta didik belajar, bukan masalah apa yang
dipelajari (Dukacz & Babin, 1980). Selain itu di era kecanggihan
informasi ini, ketersediaan informasi bagi seseorang bukan
menjadi permasalahan lagi, melainkan justru kemampuan
pembelajar untuk menseleksi dan memilahkan informasi yang
tersedia.
Secara operasional konsep learning to learn mencakup
beberapa subjek yaitu: Bahasa lnggris, Keterampilan Komputer,
Keterampilan lnformasi, Study skill, dan Self Management. Kelima
subjek yang diusulkan tersebut tentunya harus melebur ke dalam
struktur kurikulum sesuai Kep. Mendiknas Rl Nomor 045/U/2002.
Namun demikian kita perlu berhati-hati untuk memasukkan subjek
tersebut ke dalam kurikulum, mengingat beban kurikulum yang
dikeluhkan sebagai relatif berat bagi peserta didik. Beberapa
subjek mungkin dapat berbentuk matakuliah, misalnya dalam
kelompok matakuliah pendukung atau matakuliah lain, sedangkan
yang lainnya dapat diintegrasikan ke dalam matakuliah yang telah
ada. Bahasa lnggris pada umumnya masuk ke dalam kelompok
kompetensi pendukung di samping ilmu dasar yang merupakan
prerequisite bagi matakuliah dalam kompetensi utama. Adapun
keempat keterampilan lainnya dapat menjadi bagian dari
kelompok kompetensi lain.
Untuk kompetensi utama, sesuai dengan tradisi akademik
yang telah mendarah daging, tentunya akan mencakup mata
kuliah utama atau inti dari suatu program studi. Kompetensi
utama mencakup bagian untuk memenuhi learning to know dan
learning to do. Kurikulum inti merupakan kesepakatan antara
perguruan tinggi, masyarakat profesi, dan pengguna lulusan.
Pada umumnya bagian ini relatif lebih rigid dibanding kompetensi
lainnya, karena selalu terpimpin oleh tradisi akademik sejak kurun
waktu yang lama.
Untuk meningkatkan daya saing, maka kualitas
penguasaan kompetensi utama harus ditingkatkan. Untuk
meningkatkan kualitas, maka semua proses pembelajaran, sejak
perencanaan pembelajaran, pengajaran, pemberian tugas,
evaluasi dan pengukuran hasil belajar harus memenuhi suatu
99