Page 116 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 116

lndrawati,  lmplikasi Standar Pendidikan



         5.  Menggunakan informasi secara efektif untuk memenuhi tujuan
             yang spesifik.
         6.  Memahami  permasalahan  legal,  ekonomis,  dan  sosial  yang
             berkaitan  dengan  akses  dan  penggunaan  informasi  secara
            etis dan sah secara hukum.
                Keterampilan  informasi  menjadi  dasar  bagi  belajar
         seumur  hidup,  diperlukan  oleh  seluruh  disiplin  ilmu,  semua
         lingkungan belajar, dan setiap tingkatan pendidikan.  Di  lingkungan
         PT  kompetensi  tersebut  perlu  dikembangkan  untuk  menyiapkan
         lulusan  agar mampu  terus  belajar seumur  hidup.  Apabila  hendak
         dimasukkan ke  dalam kurikulum,  maka diperlukan  kerjasama dan
         kolaborasi  erat  antara  pihak  fakultas,  perpustakaan,  dan
         pengelola   atau   administrator.   Tujuan   instruksional   dapat
         dimasukkan  ke  dalam  matakuliah  inti  dari  program  studi,  dan
         dosen  memberikan  semacam  tugas  yang  berkaitan  dengan
         kompetensi  di  bidang  keterampilan  informasi.  Sedangkan  prinsip
         dasar  dan  pengantarnya  dapat  diberikan  saat  orientasi  studi
         ataupun  pada  awal  kuliah.  Keterampilan  ini  telah  berkembang
         pesat sehingga  sekelompok ahli  bahkan  telah  menyusun  standar
         untuk  mengukur  kompetensi  tersebut  secara  kuantitatif  (ACRL,
         2005).

         Keterampilan  Belajar.  Menurut  pengalaman  para  pengajar,
         beberapa  kemampuan  akademik  yang  berperan  penting  dalam
         kesuksesan belajar ternyata dapat diajarkan,  seperti  keterampilan
         membaca  efektif,  mendengarkan,  dan  membuat catatan,  bahkan
         sampai  cara  analisis  dan  logika  berpikir.  Dengan  demikian
         berkembanglah  penelitian  tentang  teknik  bagaimana  cara  belajar
         yang  efektif,  dan  bagaimana  keterampilan  tersebut  dapat
         dilatihkan secara sistematis (Devine,  1987).
                Secara  teknis  materi  tentang  keterampilan  belajar
         mencakup  keterampilan  seperti:  membaca,  mendengarkan,
         berpikir,  menulis,  membuat  catatan,  melakukan  penelitian,
         mencari  sumber  informasi,  menyusun  laporan,  melakukan
         presentasi,  mengingat,  dan  menghadapi  ujian  (Gawith,  1991 ).
         Untuk  mempelajari  matakuliah  tertentu,  bahkan  ada  pula
         keterampilan  belajar  khusus  yang  bisa  diajarkan  yang  nantinya
         akan   memudahkan    mahasiswa  menyelesaikan    matakuliah



         104
   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121