Page 120 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 120
lndrawati, Implikasi Standar Pendidikan
jauh, yang mana Universitas Terbuka mendapatkannya pada 1
Agustus 2005.
Penutup
Dalam rangka mencapai tujuan dan visi pendidikan
tingkat PT, dan mempersiapkan lulusan untuk memiliki daya saing
yang cukup dalam menghadapi tantangan abad 21, diusulkan
pendekatan learning how to learn melengkapi konsep learning to
know, learning to do, learning to be, dan learning to live together.
Sedangkan cakupan kompetensi untuk learning to learn tersebut
meliputi subjek: Bahasa lnggris, Keterampilan Komputer,
Keterampilan lnformasi, Keterampilan Belajar, dan Manajemen
Pribadi. Adapun standar kompetensi merupakan ukuran atas
sampai dimana kompetensi harus dicapai oleh lulusan. Proses
penyusunan standar relatif kompleks dan melibatkan berbagai
pihak sehingga dibutuhkan waktu, biaya, dan upaya yang khusus.
Apabila standar kompetensi secara ideal belum tersedia, maka
teknik disain instruksional yang umum digunakan di dunia
pendidikan dapat membantu, yaitu dengan menggunakan kisi-kisi
dan tujuan instruksional matakuliah. Selain cakupan dan standar
kompetensi PT, penting pula dipahami bagaimana cara mengukur
kompetensi untuk para lulusan PT, yang dalam tulisan ini tidak
dibahas. Pengukuran tersebut selain harus berdasarkan konsep
teori yang tepat mengenai pengukuran kompetensi, juga harus
mempertimbangkan pasar tenaga kerja dan jenis kompetensi
yang diukur. Untuk itu harus dikembangkan suatu model
pengukuran kompetensi lulusan PT yang komprehensif.
108