Page 120 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 120

lndrawati,  Implikasi Standar Pendidikan


         jauh,  yang  mana  Universitas  Terbuka  mendapatkannya  pada  1
         Agustus 2005.

         Penutup
                Dalam  rangka  mencapai  tujuan  dan  visi  pendidikan
         tingkat PT,  dan mempersiapkan lulusan untuk memiliki daya saing
         yang  cukup  dalam  menghadapi  tantangan  abad  21,  diusulkan
         pendekatan learning how to  learn  melengkapi  konsep learning to
         know,  learning to  do,  learning to  be,  dan  learning  to  live  together.
         Sedangkan  cakupan  kompetensi  untuk learning  to  learn  tersebut
         meliputi  subjek:   Bahasa  lnggris,  Keterampilan   Komputer,
         Keterampilan  lnformasi,  Keterampilan  Belajar,  dan  Manajemen
         Pribadi.  Adapun  standar  kompetensi  merupakan  ukuran  atas
         sampai  dimana  kompetensi  harus  dicapai  oleh  lulusan.  Proses
         penyusunan  standar  relatif  kompleks  dan  melibatkan  berbagai
         pihak sehingga dibutuhkan waktu,  biaya,  dan  upaya yang  khusus.
         Apabila  standar  kompetensi  secara  ideal  belum  tersedia,  maka
         teknik  disain  instruksional  yang  umum  digunakan  di  dunia
         pendidikan  dapat membantu,  yaitu  dengan  menggunakan kisi-kisi
         dan  tujuan  instruksional  matakuliah.  Selain  cakupan  dan  standar
         kompetensi PT,  penting  pula dipahami bagaimana cara mengukur
         kompetensi  untuk  para  lulusan  PT,  yang  dalam  tulisan  ini  tidak
         dibahas.  Pengukuran  tersebut  selain  harus  berdasarkan  konsep
         teori  yang  tepat  mengenai  pengukuran  kompetensi,  juga  harus
         mempertimbangkan  pasar  tenaga  kerja  dan  jenis  kompetensi
         yang  diukur.  Untuk  itu  harus  dikembangkan  suatu  model
         pengukuran kompetensi lulusan PT yang komprehensif.



















         108
   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124   125