Page 124 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 124

Sudanno,  Penilaian Proses dan  Hasil Pendidikan



                Pada  sistem  pendidikan  terbuka  dan  jarak  jauh,  proses
         belajar  mahasiswa  sepenuhnya  bergantung  pada  kemampuan
         dan  kecepatan  mahasiswa  itu  sendiri  dalam  mempelajari  materi
         (Keegan,  1993;  Depdiknas,  2005).  Pada  prinsipnya,  proses
         belajar mahasiswa  terdiri  dari  belajar  mandiri,  belajar terbimbing,
         dan  pemanfaatan  sumber  belajar  lainnya.  Jika  mahasiswa
         melakukan  tahapan  proses  belajar  mandiri,  belajar  terbimbing,
         dan  pemanfaatan  sumber  belajar  lainnya  sebagai  satu  kesatuan
         utuh  dalam  sistem  pembelajaran;  maka  diharapkan  mahasiswa
         dapat  melakukan  proses  belajar yang  optimal  dengan  hasil  yang
         memuaskan secara utuh.
                Berbeda  dengan  program-program  reguler  lainnya  yang
         ada  di  UT,  program  Pascasarjana  mengenal  adanya  seleksi  tes
         masuk  untuk  menekan  angka  drop  out  (DO).  Selain  itu  dalam
         proses   pembelajaran   program   Pascasarjana,   mahasiswa
         diwajibkan  mengikuti  tutorial.  Tutorial  yang  diwajibkan  adalah  4
         kali  Tutorial  Tatap  Muka  (TTM)  dan  Tutorial  Online  (Tuton)
         sepanjang   waktu   selama   semester   berjalan.   Program
         Pascasarjana  UT  mempunyai  keunikan  walaupun  dilaksanakan
         dengan  sistem  jarak  jauh  tetapi  penanganannya  tidak  dilakukan
         secara  massal  tetapi  pendekatannya  lebih  secara  individual  (one
         to  one  student)  karena  jumlah  mahasiswa  tidak  sebanyak
         mahasiswa reguler yang  berjumlah ribuan.
         Sistem Evaluasi

                Proses evaluasi  pada  Program  Pascasarjana mempunyai
         penerapan  yang  berbeda  dengan  program  reguler.  Sistem
         evaluasi  belajar  di  program  Pascasarjana  dilaksanakan  secara
         komprehensif,  dengan  meneliti  input,  proses,  dan  output.
         Evaluasi  hasil  belajar  dilakukan  untuk  mengukur  kompetensi
         mahasiswa  dalam  satu  mata  kuliah  atau  program  studi  yang
         sudah diambil.  Unsur-unsur dalam evaluasi  belajar pada  Program
         Pascasarjana terdiri dari (Depdiknas, 2005):

         1.  Partisipasi Tutorial
             Partisipasi  tutorial  terdiri  dari  partisipasi  pada  tutorial  tatap
             muka dan partisipasi pada tutorial online




         112
   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129