Page 129 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 129

Cakrawala  Pendidikan 3


             akan  dinilai  oleh  tutor  tuton.  Mahasiswa  harus  aktif  dalam
             diskusi melalui internet yang dipandu oleh tutor tuton.
          2.  Selain  itu  agar  terjadi  integrasi  antara  tutor  tuton  dan  tutor
             TTM,  tutor  tuton  wajib  memberikan  Rancangan  Aktivitas
             Tutorial  (RAT)/Matriks  Aktivitas  Tutorial  (MAT)  elektronik.
             RAT/MAT elektronik ini  oleh tutor TTM wajib dijabarkan dalam
             4  MAT  TTM  sebagai  panduan  bagi  tutor  TTM  agar  terjadi
             integrasi  materi  pembelajaran  dalam  tuton  dan  TTM.  Tutor
             TTM  juga  berkewajiban  merespon  diskusi   dalam  tuton,
             sehingga  diharapkan  terjadi  dialog  antara  tutor tuton,  tutor
             TTM,  dan   mahasiswa.  Diskusi  ini  dapat  direspon  sampai
             dengan akhir minggu  ke-2.
          3.  Pada  minggu  ke-3,  tutor  tuton  selain  memberikan   materi
             diskusi 2 juga  memberikan Tugas 1.  Materi diskusi 2 ini dapat
             direspon  mahasiswa  sampai  akhir  minggu  ke-4.  Sedangkan
             tugas  yang  diberikan  oleh  tutor  tuton  ini  haruslah  lengkap,
             jelas,   mudah  dipahami,  dan   mencantumkan  pedoman
             penskoran  (marking  scheme)  yang  dapat digunakan  sebagai
             acuan  penilaian  tugas  mahasiswa  oleh  tutor  TTM.  Diskusi
             yang  terjadi  antara  tutor  tuton  dan  tutor  TTM  dapat  terjadi
             untuk  mendiskusikan  beberapa  topik,  misalnya  :  pedoman
             penskoran, diskusi materi, atau koordinasi  materi dalam tuton
             dan  TTM.  Diskusi  ini  dapat terjadi  dalam  forum  diskusi antar
             tutor  dan  atau  antara  tutor tuton  - tutor TTM  - mahasiswa.
             Mahasiswa  mengakses  tugas     1  m1   melalui  internet,
             mengerjakannya,  dan  mengumpulkan  tugas  tersebut  pada
             Tutor  TTM  pada  waktu  TTM  ; serta  memberikan  tembusan
             file  elektroniknya  kepada  tutor  tuton  terhadap  semua tugas
             yang dikerjakan.
          4.  Minggu  ke-4   adalah  pelaksanaan  TTM  pertama  di  kota
              UPBJJ-UT  penyelenggara  program.  Materi  TTM  ini  sudah
             dirancang  oleh  tutor  TTM  dengan  acuan  pada  MAT TTM  1
              yang  dibuat  oleh  tutor  TTM  dengan  berpatokan  pada
              RAT/MAT  elektronik.  Diskusi  yang  terjadi  dalam  TTM  1  ini,
              umumnya  selain  pengayaan  materi  tuton  juga  membahas
              tugas  1.  Selanjutnya  tugas  tutor  TTM  adalah  memberi
              masukan  dan penilaian terhadap tugas-tugas mahasiswa.
          5.  Minggu  ke-5,  tutor  tuton  memberikan  materi  diskusi  3,  dan
              waktu  yang disediakan untuk meresponnya hanya 1 minggu.



                                                                  117
   124   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134