Page 128 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 128

Sudanno,  Penilaian Proses dan  Hasil Pendidikan


               Perhitungan  waktu  belajar  didasarkan  pada  perhitungan
        proses pembelajaran tatap muka per sks berikut:

        Perkuliahan tatap muka   16 x 50 menit x 1 sks  =  800 menit
        Tugas terstruktur        16 x 60 menit x 1 sks  =  960 menit
        Tugas mandiri            16x60menitx1 sks  =  960 menit
                                            Jumlah    2720 menit

        Tabel  2.  Perbandingan  Perhitungan  Waktu  Belajar  Mahasiswa
                 Perguruan Tinggi Tatap Muka dan Jarak Jauh (per sks)

         Proses belajar
                                         Tugas
                         Tatap Muka             Tugas Mandiri   Total
           Bentuk                      Terstruktur
         _perkuliahan
                                         16 X 60
          Perkuliahan   16 x 50 menit = 800 menit   menit=   16 x 60 menit
         Tatap Muka                     960 menit   = 960 menit
                    Belajar  Tutorial                        2720
                                 Tutorial                    men it
                    mandiri  tatap
          Perkuliahan      muka   elektronik                  (45.3
                                                             jam)
         Sistem Jarak            4 X 50   960 menit   960 menit
            Jauh      400   200   menit=
                     men it   men it   200
                                 men  it
        Cara Penilaian

               Proses  pembelajaran  pada  program  Pascasarjana  UT
        berlangsung sebagai berikut:
        1.  Pada  minggu  pertama,  tutor tuton  memberikan  materi  inisiasi
            1  kepada    mahasiswa  melalui  internet.  Waktu  yang
            disediakan  untuk mempelajari  materi  inisiasi  1 adalah  selama
            dua  minggu.  Selain  itu  tutor  tuton  akan  memberi  arahan/
            petunjuk  bahwa  mahasiswa  harus  terlibat  aktif dalam  proses
            tuton  ini.  Mahasiswa  juga  diminta  untuk  mengikuti  diskusi
            melalui  internet  atas  materi  yang  akan  didiskusikan.
            Mahasiswa mempelajari  materi  tersebut dan  memberi  respon
            atas  apa  yang  telah  dipelajari  kepada  tutor  tuton  dengan
            memberi umpan  balik melalui internet.  Partisipasi mahasiswa
            dan  interaksi  antara  tutor  tuton  dan  mahasiswa  inilah  yang




        116
   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132   133