Page 128 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 128
Sudanno, Penilaian Proses dan Hasil Pendidikan
Perhitungan waktu belajar didasarkan pada perhitungan
proses pembelajaran tatap muka per sks berikut:
Perkuliahan tatap muka 16 x 50 menit x 1 sks = 800 menit
Tugas terstruktur 16 x 60 menit x 1 sks = 960 menit
Tugas mandiri 16x60menitx1 sks = 960 menit
Jumlah 2720 menit
Tabel 2. Perbandingan Perhitungan Waktu Belajar Mahasiswa
Perguruan Tinggi Tatap Muka dan Jarak Jauh (per sks)
Proses belajar
Tugas
Tatap Muka Tugas Mandiri Total
Bentuk Terstruktur
_perkuliahan
16 X 60
Perkuliahan 16 x 50 menit = 800 menit menit= 16 x 60 menit
Tatap Muka 960 menit = 960 menit
Belajar Tutorial 2720
Tutorial men it
mandiri tatap
Perkuliahan muka elektronik (45.3
jam)
Sistem Jarak 4 X 50 960 menit 960 menit
Jauh 400 200 menit=
men it men it 200
men it
Cara Penilaian
Proses pembelajaran pada program Pascasarjana UT
berlangsung sebagai berikut:
1. Pada minggu pertama, tutor tuton memberikan materi inisiasi
1 kepada mahasiswa melalui internet. Waktu yang
disediakan untuk mempelajari materi inisiasi 1 adalah selama
dua minggu. Selain itu tutor tuton akan memberi arahan/
petunjuk bahwa mahasiswa harus terlibat aktif dalam proses
tuton ini. Mahasiswa juga diminta untuk mengikuti diskusi
melalui internet atas materi yang akan didiskusikan.
Mahasiswa mempelajari materi tersebut dan memberi respon
atas apa yang telah dipelajari kepada tutor tuton dengan
memberi umpan balik melalui internet. Partisipasi mahasiswa
dan interaksi antara tutor tuton dan mahasiswa inilah yang
116