Page 127 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 127

Cakrawala Pendidikan 3





         Tabel 1.  Skema Proses Tutorial di Jenjang Pascasarjana
                 (Depdiknas, 2005)
         z          M  M   M    MM     M   MM      M    M  M  M  M  M

                                            7  8
                                                   9
                                                        10  11  12  13  14
                           3
                                4  5
                                       6
                    1  2
             ASPEK
         Tutorial   *      *      *    *      *    *       *   *
         Online          Tugas 1    Tugas 2     Tugas 3           u
         Tutorial                                                 A
         Tatap_Muka                                               s
         M = Mmggu
                 TIM  dalam  pendidikan  jarak  jauh  ini  dimungkinkan
         dengan  jumlah  yang  sangat  'terbatas',  dan  bila  dibandingkan
         dengan  perguruan  tinggi  konvensional  perbandingan  itu  dapat
         dilihat dalam diagram di bawah  ini:
                                       T  t
                                            M
                                    .t
                             U  n1vers1  as  a ap  u  k  a
         Mahasiswa     Mahasiswa mengikutl   Mahasiswa   Mahasiswa
         melakukan     perkuliahan pada lokasi   mengerjakan   mengikuli evaluas1
         registrasi    univers1tasnya      tug as        bel ajar
                   ....__.             ....__.   terstruktur dan   ....__.
                                           tug as mandiri
                                           dengan
                                           b1mbingan
                                           dosen
                          16 x 50 menit =   960 + 960 =
                           BOO  menit      1920 menit
                              Universitas Jarak Jauh
         Mahasiswa   Mahasiswa   Mahas1swa   Mahasiswa     Mahasiswa
         melakukan   mempelajari   mengikuti   mengerjakan tugas   mengikuti
         registrasi   materi belajar   tutorial secara   terstruktur dan   evaluasi belajar di
                     secara mandiri   tatap muka d1   tugas mandiri.   tempat yang
                  f-.  dari materi  .....  UPBJJ   .....  81mbingan oleh   f-.  ditunjuk/dikelola
                     cetak/non-  dengan tutor   dosen universitas   oleh UT
                     cetak yang   universitas   pembina atau UT
                     disediakan   pembina atau   Pusat melalui
                     institusi   melalui media   media
                       600 menit   4x50 menit   960 + 960 = 1920
                                 = 200 men it   men it
          Diagram  1.   Perbandingan  Proses  Pembelajaran  Program  S-2
                      pada Perguruan Tinggi Tatap Muka dan Jarak Jauh
                      (Depdiknas, 2002)



                                                                 115
   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132