Page 127 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 127
Cakrawala Pendidikan 3
Tabel 1. Skema Proses Tutorial di Jenjang Pascasarjana
(Depdiknas, 2005)
z M M M MM M MM M M M M M M
7 8
9
10 11 12 13 14
3
4 5
6
1 2
ASPEK
Tutorial * * * * * * * *
Online Tugas 1 Tugas 2 Tugas 3 u
Tutorial A
Tatap_Muka s
M = Mmggu
TIM dalam pendidikan jarak jauh ini dimungkinkan
dengan jumlah yang sangat 'terbatas', dan bila dibandingkan
dengan perguruan tinggi konvensional perbandingan itu dapat
dilihat dalam diagram di bawah ini:
T t
M
.t
U n1vers1 as a ap u k a
Mahasiswa Mahasiswa mengikutl Mahasiswa Mahasiswa
melakukan perkuliahan pada lokasi mengerjakan mengikuli evaluas1
registrasi univers1tasnya tug as bel ajar
....__. ....__. terstruktur dan ....__.
tug as mandiri
dengan
b1mbingan
dosen
16 x 50 menit = 960 + 960 =
BOO menit 1920 menit
Universitas Jarak Jauh
Mahasiswa Mahasiswa Mahas1swa Mahasiswa Mahasiswa
melakukan mempelajari mengikuti mengerjakan tugas mengikuti
registrasi materi belajar tutorial secara terstruktur dan evaluasi belajar di
secara mandiri tatap muka d1 tugas mandiri. tempat yang
f-. dari materi ..... UPBJJ ..... 81mbingan oleh f-. ditunjuk/dikelola
cetak/non- dengan tutor dosen universitas oleh UT
cetak yang universitas pembina atau UT
disediakan pembina atau Pusat melalui
institusi melalui media media
600 menit 4x50 menit 960 + 960 = 1920
= 200 men it men it
Diagram 1. Perbandingan Proses Pembelajaran Program S-2
pada Perguruan Tinggi Tatap Muka dan Jarak Jauh
(Depdiknas, 2002)
115