Page 130 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 130
Sudanno, Penilaian Proses dan Hasil Pendidikan
6. Selanjutnya pada minggu ke-6, tutor tuton selain memberikan
materi diskusi 4 juga memberikan tugas 2. Mahasiswa selain
merespon tuton juga wajib mengakses serta mengerjakan
tugas 2. Tugas 2 yang dikerjakan mahasiswa ini dikumpulkan
pada waktu TTM 2 yang terjadi pada minggu ke-7.
Sedangkan waktu yang disediakan untuk merespon diskusi
ke-4 ini adalah 2 minggu (sampai akhir minggu ke-7) Dalam
TTM 2 ini, tutor TTM selain memberikan umpan balik tugas
mahasiswa, juga membahas tugas 2. Pembahasan ini dapat
dilakukan dengan berbagai cara, misalnya: presentasi
makalah mahasiswa baik dilakukan secara individu/kelompok
7 Proses seperti di atas akan berulang kembali, yaitu pada
minggu ke-8 dimana tutor tuton akan memberikan materi
diskusi ke-5 dan waktu yang disediakan untuk merespon
hanya 1 minggu
8. Kembali pada minggu ke-9; tugas tutor tuton adalah
menyampaikan bahan diskusi ke-6 dan tugas 3. Waktu yang
yang disediakan untuk merespon diskusi ke-6 ini adalah 2
minggu (sampai akhir minggu ke-1 0). Sam a dengan tugas-
tugas sebelumnya, mahasiswa wajib mengakses tugas 3
melalui internet, mengerjakannya, dan mengumpulkannya
pada waktu TIM ke-3 pada tutor TTM; serta mengirim file
elektroniknya ke tutor tuton.
9 Selanjutnya pada minggu ke-11, tutor tuton akan
memberikan materi diskusi ke-7, dan mahasiswa serta
tutor TTM wajib meresponnya dalam waktu 1 minggu.
10. Memasuki minggu ke-12, tutor tuton memberikan materi
diskusi terakhir yang dapat direspon mahasiswa selama 2
minggu.
11. Minggu ke-13 adalah pelaksanaan TTM ke-4 (terakhir) di
mana para tutor TTM diharapkan akan memberikan
penguatan dan kesimpulan materi yang dipelajari secara
komprehensif sebagai bekal mahasiswa menghadapi UAS.
Akhir pembelajaran proses pembelajaran program
Pascasarjana ini adalah pelaksanaan UAS, yaitu pada
minggu ke-14 dan ke-15.
118