Page 132 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 132

Sudanno,  Penilaian Proses dan  Hasil Pendidikan


                Komponen  penilaian  tutorial  ini  sifatnya  terintegrasi,
         artinya  mahasiswa  wajib  berpartisipasi  baik  dalam  tuton   dan
         TTM.
                Partisipasi  dalam  tutorial  online  adalah  mutlak  karena
         semua  tugas  tutorial  diberikan  melalui  tutorial  online  dan  setiap
         komponen  penilaian  harus ada.  Kemutlakan  ini wajar,  sebab tidak
         mungkin  mahasiswa  dapat  mengerjakan  tugas-tugasnya  tanpa
         pernah  mengikuti  tuton.  Walaupun   diluar  cara-cara,  misalnya
         mahasiswa  bertanya  kepada  sesama  teman  mahasiswa  untuk
         mencari   tahu  tugas-tugas  yang  diberikan.   Namun   karena
         sifatnya  yang  terintegrasi,  maka  mahasiswa  wajib  mengakses
         dan  merespon  semua  diskusi  tuton  dan  mengerjakan  tugas-
         tugas  tuton.   Partisipasi  mahasiswa  dalam  tuton  ini  akan
         diperhitungkan sebesar 10 %,  sedangkan dalam TTM 50%.
                Komponen  penilaian  dalam  TTM  itu  adalah:  Nilai  3
         (tiga)  tugas dan nilai partisipasi.
                Adapun  perhitungan  untuk memperoleh  nilai  akhir TTM
         adalah sebagai berikut:
                ( 4 X Nilai Akhir Tugas) + (1XNilai Partisipasi):5
                Adapun Nilai Akhir Tugas  ini  diperoleh  dari tumus
         sebagai berikut :
                (Nilai Tugas 1 + Nilai Tugas 2 + Nilai Tugas 3):3
                Hal   ini   berarti   bahwa   tugas-tugas   mahasiswa
         diperhitungkan   80%    sedangkan    partisipasi   mahasiswa
         diperhitungkan 20%  dari perhitungan nilai akhir TTM.
                Sebagai contoh:  Dalam matakuliah X Andi mengerjakan 3
         tugas  dengan  mendapat nilai  masing-masing  80,  80,  75.  Selama
         4  kali  TTM,  Andi  hanya  mengikuti  3  kali  karena  yang
         bersangkutan  sakit.  Adapun  selama  3  kali  mengikuti  TTM,  Andi
         termasuk  mahasiswa  yang  aktif  dalam  merespon  pertanyaan
         tutor TTM,  sesama  mahasiswa  atau  menyatakan  ide-ide  inovatif
         sesuai  topik  diskusi;  oleh  karena  itu  nilai  partisipasi  Andi  dalam
         TTM  adalah  85.  Sedangkan  dalam  tuton,  Andi  aktif  merespon
         dalam  8  diskusi  tuton  dan  jawaban-jawaban  Andi  dianggap
         berbobot  oleh  tutor tuton  maka  Andi  berhak  mendapat  nilai  aktif
         dan  oleh  tutor  tuton  diberi  nilai  90.  Namun  dalam  UAS,  Andi
         mendapat nilai 45.
                Berdasar  data  kasus  di  atas,  maka  ketiga  tugas  Andi
         dapat  diperhitungkan  semua  dalam  penentuan  nilai  tugas.



         120
   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137