Page 132 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 132
Sudanno, Penilaian Proses dan Hasil Pendidikan
Komponen penilaian tutorial ini sifatnya terintegrasi,
artinya mahasiswa wajib berpartisipasi baik dalam tuton dan
TTM.
Partisipasi dalam tutorial online adalah mutlak karena
semua tugas tutorial diberikan melalui tutorial online dan setiap
komponen penilaian harus ada. Kemutlakan ini wajar, sebab tidak
mungkin mahasiswa dapat mengerjakan tugas-tugasnya tanpa
pernah mengikuti tuton. Walaupun diluar cara-cara, misalnya
mahasiswa bertanya kepada sesama teman mahasiswa untuk
mencari tahu tugas-tugas yang diberikan. Namun karena
sifatnya yang terintegrasi, maka mahasiswa wajib mengakses
dan merespon semua diskusi tuton dan mengerjakan tugas-
tugas tuton. Partisipasi mahasiswa dalam tuton ini akan
diperhitungkan sebesar 10 %, sedangkan dalam TTM 50%.
Komponen penilaian dalam TTM itu adalah: Nilai 3
(tiga) tugas dan nilai partisipasi.
Adapun perhitungan untuk memperoleh nilai akhir TTM
adalah sebagai berikut:
( 4 X Nilai Akhir Tugas) + (1XNilai Partisipasi):5
Adapun Nilai Akhir Tugas ini diperoleh dari tumus
sebagai berikut :
(Nilai Tugas 1 + Nilai Tugas 2 + Nilai Tugas 3):3
Hal ini berarti bahwa tugas-tugas mahasiswa
diperhitungkan 80% sedangkan partisipasi mahasiswa
diperhitungkan 20% dari perhitungan nilai akhir TTM.
Sebagai contoh: Dalam matakuliah X Andi mengerjakan 3
tugas dengan mendapat nilai masing-masing 80, 80, 75. Selama
4 kali TTM, Andi hanya mengikuti 3 kali karena yang
bersangkutan sakit. Adapun selama 3 kali mengikuti TTM, Andi
termasuk mahasiswa yang aktif dalam merespon pertanyaan
tutor TTM, sesama mahasiswa atau menyatakan ide-ide inovatif
sesuai topik diskusi; oleh karena itu nilai partisipasi Andi dalam
TTM adalah 85. Sedangkan dalam tuton, Andi aktif merespon
dalam 8 diskusi tuton dan jawaban-jawaban Andi dianggap
berbobot oleh tutor tuton maka Andi berhak mendapat nilai aktif
dan oleh tutor tuton diberi nilai 90. Namun dalam UAS, Andi
mendapat nilai 45.
Berdasar data kasus di atas, maka ketiga tugas Andi
dapat diperhitungkan semua dalam penentuan nilai tugas.
120