Page 137 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 137
Cakrawala Pendidikan 3
tugas pada TTM (misalnya hanya mengerjakan 2 tugas namun
nilainya maksimal), UAS maksimal; maka mahasiswa
dimungkinkan mendapat nilai lulus ( B atau A).
Bila yang dijadikan patokan skore minimal UAS (misalnya
55), maka dimungkinkan mahasiswa yang sudah lulus (mendapat
nilai minimal B) harus mengulang pada UAS.
Bila yang dijadikan patokan skore minimal tutorial
(misalnya 55), maka dimungkinkan mahasiswa yang sudah lulus
(mendapat nilai minimal B) harus mengulang tutorial. Oleh
karena itu perlu ditetapkan standar mana yang akan digunakan.
Bagi mahasiswa yang nilainya pada batas atas nilai C
untuk setiap komponen, bila mengikuti ujian perbaikan pada
semester berjalan pun, belum tentu menjamin nilainya Untuk
itu perlu dipikirkan solusinya, ataukah diperlukan tutorial yang
dipadatkan (misalnya selama 3 minggu melalui tuton) ditambah
dengan tugas-tugas tambahan yang memang secara akademik
setara dengan tugas-tugas pada TTM. Dengan demikian
diperlukan perbaikan pada produk tanpa mengabaikan proses
yang pernah ada.
Sistem tutorial yang terintegratesi ini memerlukan
pemahaman yang sama dari semua unsur, baik oleh pihak UT
Pusat termasuk PPs dan unit-unit yang terkait di UT, UPBJJ-UT
Penyelenggara Program S-2, dan mahasiswa. Pemahaman
yang sama itu tentang perlunya ketaatan pada sistem yang
telah disusun, misalnya: ketaatan dalam melakukan registrasi
sesuai kalender akademik. Diperlukan juga kesadaran yang
sama bahwa keterlambatan dalam registrasi berarti akan
menghambat proses pembelajaran, karena mahasiswa tidak
dapat mengakses tuton.
Saran untuk mengatasi persoalan tentang proses evaluasi
pada Program Pascasarjana adalah sebagai berikut:
1. Mahasiswa yang sama sekali tidak mengakses Internet
disebabkan oleh beberapa faktor: mahasiswanya gagap
teknologi, jeleknya jaringan, lokasi tempat tinggal mahasiswa
belum tersentuh jaringan. Dalam sistem UT, sejak awal
dirancang bahwa mahasiswa harus/mutlak mengakses tuton,
oleh karena itu mahasiswa yang tidak mengakses tuton maka
125