Page 139 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 139

Cakrawala Pendidikan 3


             {pulang  balik);  sehingga  tidak  efisien  baik  dari  segi  waktu
             ataupun dana.
         5.  Selama  ini  komponen  penentuan  nilai  akhir yaitu  nilai  tutorial
             dan  nilai  UAS  belum  secara transparan  tercetak dalam  DNU,
             sehingga  mahasiswa  merasa  kesulitan  mengidentifikasi
             komponen  mana  yang  harus  diulang.  Solusi  yang  dilakukan
             selama   ini   adalah   melakukan  cara  manual  dengan
             mengidentifikasi  per  mahasiswa  sambil  membangun  SRS
             (Student Report System).
         6.  Kualitas  tugas-tugas  yang  dikerjakan  oleh  mahasiswa  yang
             tutor  TTMnya  tidak  pernah  melakukan  diskusi  dengan  tutor
             tuton  sulit  dipantau  Oleh  karena  itu  solusi  yang  diberikan
             adalah  menginformasikan  kepada  semua  mahasiswa  agar
             memberikan  tembusan  tugas-tugasnya  via  internet  kepada
             tutor  tuton  sebagai  cara  mengkontrol  kualitas  tugas
             mahasiswa.




































                                                                 127
   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144