Page 139 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 139
Cakrawala Pendidikan 3
{pulang balik); sehingga tidak efisien baik dari segi waktu
ataupun dana.
5. Selama ini komponen penentuan nilai akhir yaitu nilai tutorial
dan nilai UAS belum secara transparan tercetak dalam DNU,
sehingga mahasiswa merasa kesulitan mengidentifikasi
komponen mana yang harus diulang. Solusi yang dilakukan
selama ini adalah melakukan cara manual dengan
mengidentifikasi per mahasiswa sambil membangun SRS
(Student Report System).
6. Kualitas tugas-tugas yang dikerjakan oleh mahasiswa yang
tutor TTMnya tidak pernah melakukan diskusi dengan tutor
tuton sulit dipantau Oleh karena itu solusi yang diberikan
adalah menginformasikan kepada semua mahasiswa agar
memberikan tembusan tugas-tugasnya via internet kepada
tutor tuton sebagai cara mengkontrol kualitas tugas
mahasiswa.
127