Page 143 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 143
Cakrawala Pendidikan 3
Sementara dalam visi Center for Civic Education (CCE)
kompetensi merupakan interseksi antara pengetahuan dan
keterampilan.
Dengan demikian, materi kurikulum sebagai isi pendidikan
berdasarkan ketentuan SNP, pada dasarnya merupakan materi
kurikulum berbasis kompetensi, dan diarahkan pada
pengembangan karakter dasar setiap peserta didik dalam
berbagai konteks dan situasi personal, sosial-kultural yang
dialami. Dengan kata lain, materi kurikulum yang berbasis
kompetensi secara teoretik seharusnyalah mengembangkan
karakter peserta didik sebagai manusia, baik dalam arti makhluk
personal/individu, sosial-budaya, dan berketuhanan (UU Nomor
20/2003).
Dalam konteks pemikiran seperti itu maka konsep
kurikulum 2004 yang diklaim sebagai Kurikulum Berbasis
Kompetensi (KBK) di dalamnya masih terdapat kerancuan
konseptual, karena kompetensi masih kental dengan nuansa isi
dan tujuan keilmuan (Depdiknas, 2003) dan belum membentuk
karakter peserta didik (Hasan, 2004; Farisi, 2005). Pengetahuan,
termasuk pengetahuan dis1plin keilmuan bukanlah sebagai tujuan,
melainkan hanya sebagai sumber dan substansi kurikuler dalam
upaya pembentukan karakter dasar peserta didik sebagai
manusia. Singkatnya, materi kurikulum pada dasarnya tidak
memiliki kaitan struktural dengan isi suatu disiplin ilmu tertentu
dan bagi pencapaian tujuan-tujuan keilmuan (Hasan, 2004; Farisi,
2005).
Untuk mencapai ideal pendidikan di atas, maka dalam
pengembangan materi kurikulum SD berbasis kompetensi, ada
tiga aspek kurikulum yang perlu dipertimbangkan, yaitu: konteks
pembentukan dan pengembangan kurikulum, struktur materi
kurikulum, dan pola organisasi kurikulum. Ke tiga aspek ini saling
berkaitan satu dengan yang lain dan ketiganya akan menjadi
fokus pembahasan berikut.
Konteks Pengembangan Materi Kurikulum SO
Konteks yang dimaksudkan di dalam tulisan ini adalah
situasi atau lingkungan yang merupakan bagian integral di dalam
proses dan hasil pengembangan materi kurikulum. Konteks bisa
131