Page 143 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 143

Cakrawala Pendidikan 3



          Sementara  dalam  visi  Center  for  Civic  Education  (CCE)
          kompetensi  merupakan  interseksi  antara  pengetahuan  dan
          keterampilan.
                 Dengan demikian, materi kurikulum sebagai isi  pendidikan
          berdasarkan  ketentuan  SNP,  pada  dasarnya  merupakan  materi
          kurikulum   berbasis   kompetensi,   dan   diarahkan   pada
          pengembangan  karakter  dasar  setiap  peserta  didik  dalam
          berbagai  konteks  dan  situasi  personal,  sosial-kultural  yang
          dialami.  Dengan  kata  lain,  materi  kurikulum  yang  berbasis
          kompetensi  secara  teoretik  seharusnyalah  mengembangkan
          karakter  peserta  didik  sebagai  manusia,  baik  dalam  arti  makhluk
          personal/individu,  sosial-budaya,  dan  berketuhanan  (UU  Nomor
          20/2003).
                 Dalam  konteks  pemikiran  seperti  itu  maka  konsep
          kurikulum  2004  yang  diklaim  sebagai  Kurikulum  Berbasis
          Kompetensi  (KBK)  di  dalamnya  masih  terdapat  kerancuan
          konseptual,  karena  kompetensi  masih  kental  dengan  nuansa  isi
          dan  tujuan  keilmuan  (Depdiknas,  2003)  dan  belum  membentuk
          karakter  peserta  didik  (Hasan,  2004;  Farisi,  2005).  Pengetahuan,
          termasuk pengetahuan dis1plin  keilmuan  bukanlah sebagai tujuan,
          melainkan  hanya  sebagai  sumber  dan  substansi  kurikuler  dalam
          upaya  pembentukan  karakter  dasar  peserta  didik  sebagai
          manusia.  Singkatnya,  materi  kurikulum  pada  dasarnya  tidak
          memiliki  kaitan  struktural  dengan  isi  suatu  disiplin  ilmu  tertentu
          dan bagi  pencapaian tujuan-tujuan  keilmuan  (Hasan,  2004;  Farisi,
          2005).
                 Untuk  mencapai  ideal  pendidikan  di  atas,  maka  dalam
          pengembangan  materi  kurikulum  SD  berbasis  kompetensi,  ada
          tiga  aspek  kurikulum  yang  perlu  dipertimbangkan,  yaitu:  konteks
          pembentukan  dan  pengembangan  kurikulum,  struktur  materi
          kurikulum,  dan  pola  organisasi  kurikulum.  Ke  tiga  aspek ini  saling
          berkaitan  satu  dengan  yang  lain  dan  ketiganya  akan  menjadi
          fokus pembahasan berikut.

          Konteks Pengembangan Materi Kurikulum SO

                 Konteks yang dimaksudkan di dalam tulisan ini adalah
          situasi atau lingkungan yang merupakan bagian integral di dalam
          proses dan hasil pengembangan  materi kurikulum.  Konteks bisa



                                                                  131
   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148