Page 146 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 146
Farisi, Konteks, Struktur, dan Pola Organi,asi
melalui mekanisme-mekanisme inter-psikologisnya melalui alat-
alat simbolik dan material yang diciptakan dan digunakan di
dalam komunikasi interpersonal dan hubungan dialektisnya
dengan lingkungan sosiokultural masyarakat (Gagne, 1977;
Bruner, 1978; Sanders, 1996; Kozulin, 1998; Wells, 2000;
Karthwohl, 2002; Ogawa, 2002).
Domain Psikologi; adalah aspek-aspek yang secara
psikologis terdapat pada diri peserta didik dan dipandang
berpengaruh terhadap personalitas peserta didik sebagai pribadi
Aspek-aspek psikologis/personal yang dimaksudkan segala
keunikan karakteristik dan ciri-ciri khas peserta didik, seperti:
minat, kebutuhan, pengalaman, nilai. sikap, perasaan, konsepsi,
kapasitas, identitas-diri, rasa keingintahuan, kepedulian diri ,
emosi, tingkat pengertian, tingkat kemampuan/pemahaman,
predisposisi-nilai, konsep-diri, potensi-potensi atau dorongan-
dorongan dasar anak, dan kultur personal atau identitas kultural
peserta didik.
ldentitas sosio-kultural, yakni jatidiri atau karakter sosio-
kultural peserta didik yang dibangun dan dikembangkan
berdasarkan pengalaman-pengalamannya di dalam relasi-relasi
sosio-kulturalnya, baik secara intra dan/atau antar lingkungan
sosio-kultural budaya di mana peserta didik menjalani aktivitas
keseharian hidupnya di dalam masyarakat. Termasuk dalam hal
ini adalah identitas etnis dan gender Seluruh identitas sosio-
kultural peserta didik tersebut, terjelmakan di dalam setiap cara
berpikir, bersikap, dan bertindak peserta didik atas berbagai
obyek dan fenomena yang ditemui, termasuk dalam hal cara-cara
peserta didik belaJar dan membangun struktur-struktur internalnya
(Kozulin, 1998).
Konteks lnter-personai/Sosiokultural
Konteks inter-personal/sosiokultural dimaksudkan
sebagai kondisi atau lingkungan sosiokultural yang memediasi,
menjembatani antara fungsi-fungsi internal peserta didik (kognitif,
afektif, dan motorik) dengan prasyarat-prasyarat tindakan-
tindakan peserta didik. Kondisi atau lingkungan sosiokultural
mediatif tersebut berupa alat-alat psikologis yang diciptakan oleh
masyarakat dan budayanya, dan digunakan di dalam hubungan-
134