Page 147 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 147
Cakrawala Pendidikan 3
hubungan dialektis antara individu dengan individu lain yang
sudah dewasa dan dengan masyarakat. Perangkat tersebut
dipandang banyak berperan penting bagi terjadinya modifikasi
dan melakukan fungsi kontrol terhadap cara bekerjanya fungsi-
fungsi internal individu. Perangkat-perangkat psikologis tersebut
berupa artifak-artifak simbolik, dari yang sederhana seperti tanda,
simbol, teks, rumus, bahasa, dan alat-alat grafik-simbolik, hingga
yang kompleks seperti teks kompleks dan literatur (Kozulin,
1998).
Konteks interpersonal/sosiokultural 1n1 menyediakan
prinsip bahwa pola organisasi dan struktur materi kurikulum SO
harus merupakan perangkat-perangkat psikologis yang dapat
mediasi dan jembatan bagi peserta didik untuk melakukan
modifikasi dan tranformasi struktur dan fungsi-fungsi internalnya
(kognitif, afektif, dan motorik) ketika interaksi dan komunikasi
pembelajaran terjadi (Kozulin, 1998)
Konteks Sosial, Budaya, dan Historis Masyarakat
Konteks sosial, budaya, dan historis masyarakat
dimaksudkan sebagai kondisi atau lingkungan sosial, budaya, dan
historis masyarakat yang mempengaruhi apa yang sesuai dan
layak bagi masyarakat; juga yang menentukan cara-cara peserta
didik mengabstraksikan, mengorganisasikan, dan menggunakan
obyek (informasi, nilai, sikap, tindakan) yang sesuai dan layak
bagi masyarakat di mana peserta didik menjalani keseharian
hidupnya. Konteks ini menyediakan prinsip bahwa pola organisasi
dan struktur materi kurikulum SO harus memiliki relevansi dan
singnifikansi tinggi secara sosial, kultural, dan hstorikal (Bruner,
1969).
Konteks sosial, budaya, dan historis masyarakat, yang
dimaksudkan mencakup keinginan, harapan, dan kebutuhan
keluarga, masyarakat, pemerintah, kelompok-kelompok
komunitas, cita-cita, efisiensi, loyalitas, nilai-nilai, dan harga-diri
bangsa, nilai, keyakinan, kecenderungan, perubahan, tradisi, dan
kebutuhan sosial--termasuk kebutuhan legal, sistem sosial,
identitas kultural masyarakat, perubahan dan tantangan
masyarakat global, karakteristik jaman, perkembangan iptek, nilai
dan tradisi masyarakat, perubahan sosial; hakikat peserta didik
135