Page 142 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 142
Farisi, Konteks, Struktur, dan Pola Organisasi
SO. Tujuan yang ingin dicapai melalui tulisan ini adalah,
membuka wacana pemikiran "baru" tentang materi kurikulum SD,
yang lebih difokuskan pada signifikansi konteks sebagai basis
pengembangannya. Berpijak pada konteks ini pula, struktur, dan
pola organisasi materi kurikulum SO dikembangkan. Selain itu,
pemikiran ini juga diharapkan dapat memenuhi tuntutan normatif
PP. Rl Nomor 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
(SNP) tentang lsi/Materi Kurikulum, khususnya di SD.
Standar Nasional Pendidikan tentang lsi/Materi
Kurikulum SO
PP Rl Nomor 19/2005 tentang SNP menetapkan bahwa
aspek-aspek dalam sistem pendidikan nasional yang harus
terstandarisasi secara nasional meliputi standar: isi; proses;
kompetensi lulusan; pendidik dan tenaga kependidikan; sarana
dan prasarana; pengelolaan; dan penilaian pendidikan. Materi
kurikulum termasuk di dalam lingkup standar isi, yakni lingkup
materi dan tingkat kompetensi yang harus dikuasai setiap peserta
didik untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis
pendidikan tertentu. Standar isi pendidikan yang dimaksudkan,
juga harus memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban
belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan kalender
pendidikan/akademik.
Berdasarkan ketentuan SNP maka materi kurikulum
sebagai isi pendidikan, perlu dikaitkan dan mendukung
pencapaian kompetensi standar tertentu. Sedangkan kompetensi
menu rut Spencer & Spencer ( 1993) merupakan karakteristik
mendasar dari seseorang yang secara kausal berhubungan
dengan referensi kriteria yang efektif dan/atau penampilan yang
terbaik dalam pekerJaannya pada suatu situasi. Karakteristik yang
mendasar berarti bahwa kompetensi tersebut cukup mendalam
dan bertahan lama dalam penampilan seseorang dan dapat
digunakan untuk memprediksi tingkah laku seseorang ketika
berhadapan dalam berbagai situasi dan tugas. Hubungan kausal
berarti suatu kompetensi dapat menyebabkan atau memprediksi
perubahan tingkah laku dan kinerja seseorang. Referensi Kriteria
menentukan dan memprediksi apakah seseorang bekerja dengan
baik atau tidak dalam ukuran yang spesifik atau standar.
130