Page 115 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 115
Cakrawala Pendidikan 3
dahulu sebelum belajar menggunakannya, mengingat
menjamurnya tempat penyewaan komputer yang dapat
mengakses internet (Warnet). Apabila kompetensi ini tidak
diajarkan secara formal di perguruan tinggi, maka perguruan
tinggi dapat membantu mahasiswa dengan menyelenggarakan
kursus komputer, atau bekerjasama dengan lembaga kursus
komputer yang ada (Suparno, 2002). Keterampilan Komputer ini
berkaitan erat dengan Keterampilan lnformasi.
Kemelekan lnformasi. Kemelekan informasi adalah satu set
kemampuan seseorang untuk mengetahui kapan suatu informasi
dibutuhkan, dan memiliki kemampuan untuk mencari sumbernya,
mengevaluasi, dan menggunakan informasi tersebut secara
efektif (ALA, 1989, dalam ACRL, 2005). Kompetensi tersebut
semakin penting akhir-akhir ini seiring dengan perkembangan ICT
yang sangat pesat. Karena kondisi tersebut seseorang
dihadapkan pada masalah berlebihannya pilihan informasi yang
tersedia di bidang akademik, pekerjaaan, dan pribadi, baik secara
tertulis, lisan, melalui berbagai media, dan terutama melalui
jaringan internet. Seringkali informasi tersebut ada dalam format
yang tidak tersaring, sehingga dapat diragukan keaslian, validitas,
dan reliabilitasnya. Semua itu menjadi tantangan baru bagi
individu untuk mengevaluasi dan memahaminya. Keberadaan
informasi yang berlebihan tersebut tidak otomatis membuat
masyarakat menjadi lebih tahu dan paham, kecuali dengan
kemampuan untuk memilah informasi tersebut yang umum pula
disebut sebagai kemelekan informasi (ACRL, 2005).
Secara operasional, keterampilan informasi
memungkinkan seseorang untuk memiliki kemampuan sebagai
berikut (ACRL, 2005).
1. Menentukan sejauh mana informasi yang dibutuhkan.
2. Mengakses informasi yang dibutuhkan secara efektif dan
efisien.
3. Mengevaluasi secara kritis sumber dan informasi yang
didapatkan.
4. Mengintegrasikan informasi tersebut kepada kerangka
pengetahuan yang telah dimiliki.
103