Page 115 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 115

Cakrawala Pendidikan 3



         dahulu   sebelum    belajar   menggunakannya,    mengingat
         menjamurnya    tempat   penyewaan   komputer   yang   dapat
         mengakses  internet  (Warnet).  Apabila  kompetensi  ini  tidak
         diajarkan  secara  formal  di  perguruan  tinggi,  maka  perguruan
         tinggi  dapat  membantu  mahasiswa  dengan  menyelenggarakan
         kursus  komputer,  atau  bekerjasama  dengan  lembaga  kursus
         komputer  yang  ada  (Suparno,  2002).  Keterampilan  Komputer  ini
         berkaitan erat dengan Keterampilan lnformasi.

         Kemelekan  lnformasi.  Kemelekan  informasi  adalah  satu  set
         kemampuan  seseorang  untuk  mengetahui  kapan  suatu  informasi
         dibutuhkan,  dan  memiliki  kemampuan  untuk mencari  sumbernya,
         mengevaluasi,  dan  menggunakan  informasi  tersebut  secara
         efektif  (ALA,  1989,  dalam  ACRL,  2005).  Kompetensi  tersebut
         semakin penting akhir-akhir ini seiring dengan perkembangan ICT
         yang   sangat  pesat.   Karena   kondisi  tersebut  seseorang
         dihadapkan  pada  masalah  berlebihannya  pilihan  informasi  yang
         tersedia di  bidang akademik,  pekerjaaan,  dan pribadi,  baik secara
         tertulis,  lisan,  melalui  berbagai  media,  dan  terutama  melalui
         jaringan  internet.  Seringkali  informasi  tersebut  ada  dalam  format
         yang tidak tersaring,  sehingga dapat diragukan keaslian,  validitas,
         dan  reliabilitasnya.  Semua  itu  menjadi  tantangan  baru  bagi
         individu  untuk  mengevaluasi  dan  memahaminya.  Keberadaan
         informasi  yang  berlebihan  tersebut  tidak  otomatis  membuat
         masyarakat  menjadi  lebih  tahu  dan  paham,  kecuali  dengan
         kemampuan  untuk  memilah  informasi  tersebut  yang  umum  pula
         disebut sebagai kemelekan informasi (ACRL, 2005).
                Secara     operasional,    keterampilan     informasi
         memungkinkan  seseorang  untuk  memiliki  kemampuan  sebagai
         berikut (ACRL,  2005).
         1.  Menentukan sejauh mana informasi yang dibutuhkan.
         2.  Mengakses  informasi  yang  dibutuhkan  secara  efektif  dan
             efisien.
         3.  Mengevaluasi  secara  kritis  sumber  dan  informasi  yang
             didapatkan.
         4.  Mengintegrasikan  informasi  tersebut  kepada   kerangka
             pengetahuan yang telah dimiliki.




                                                                 103
   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120