Page 113 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 113

Cakrawala Pendidikan 3



         Tabel 1.  Cakupan Kompetensi dan Standar Kompetensi
                 Perguruan Tinggi

             Pilar       Kelompok     Bidang Kompetensi    Standar
           Pendidikan   Kompetensi
         Learn to know   Kompetensi   Sesuai  kurikulum  inti   Kisi-kisi,  atau
         Learn to do   utama         masing-masing     standar
                                     program studi     kompetensi di
                                                       bidang relevan
                                                       (bila ada)
         Learn to know   Kompetensi   llmu Dasar       Kisi-kisi!TOEFL,
         Learn to do   Pendukung     (prerequisite)    IELTS, dll.
                                     Bahasa lnggris
         Learn to be   Kompetensi lain   Kewargaan Negara   Kisi-kisi
                                     Filsafat
                                     Manajemen Pribadi
         Learn to live   Kompetensi Lain   Keterampilan   Kisi-kisi
         together                    Komputer          Information
                                     Keterampilan      Literacy Standard
                                     lnformasi         for Higher
                                     Keterampilan Belajar   Education
                Untuk  memenuhi  tujuan  learning  to  be  dapat  diberikan
         subjek  seperti  Kewargaan  Negara  (Civics),  Filsafat,  Manajemen
         Pribadi,  dan  lain-lain,  yang  dapat  dikelompokkan  ke  dalam
         kompetensi  lain.  Pilar  ke  empat  yaitu  learning  to  live  together
         dapat  dipenuhi  dengan  subjek  seperti  keterampilan  komputer,
         keterampilan informasi, dan  keterampilan belajar.  Suparno (2002),
         menyebut  kompetensi  pendukung  di  luar  ilmu  dasar  dan
         kompetensi  lain  tersebut  sebagai  kompetensi  umum,  walaupun
         mengemukakan subjek-subjek yang berbeda.
                Secara praktis,  usulan tentang cakupan kompetensi untuk
         perguruan tinggi  beserta alternatif standar yang digunakan tertera
         pada  Tabel  1.  Untuk  kelompok  kompetensi  utama  tidak  akan
         dijelaskan  secara  mendalam,  karena  setiap  program  studi  akan
         memiliki  kurikulum  yang  berbeda.  Hal  tersebut  pada  umumnya
         banyak dibahas atau menjadi urusan masing-masing bidang studi.
         Demikian  pula  dengan  kompetensi  pendukung  yang  merupakan
         matakuliah  atau  ilmu  dasar  bagi  matakuliah  pada  kompetensi
         utama,  dan  kelompok  subjek  umum  lainnya  yang  dapat
         diterapkan untuk semua program studi.




                                                                 101
   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118