Page 113 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 113
Cakrawala Pendidikan 3
Tabel 1. Cakupan Kompetensi dan Standar Kompetensi
Perguruan Tinggi
Pilar Kelompok Bidang Kompetensi Standar
Pendidikan Kompetensi
Learn to know Kompetensi Sesuai kurikulum inti Kisi-kisi, atau
Learn to do utama masing-masing standar
program studi kompetensi di
bidang relevan
(bila ada)
Learn to know Kompetensi llmu Dasar Kisi-kisi!TOEFL,
Learn to do Pendukung (prerequisite) IELTS, dll.
Bahasa lnggris
Learn to be Kompetensi lain Kewargaan Negara Kisi-kisi
Filsafat
Manajemen Pribadi
Learn to live Kompetensi Lain Keterampilan Kisi-kisi
together Komputer Information
Keterampilan Literacy Standard
lnformasi for Higher
Keterampilan Belajar Education
Untuk memenuhi tujuan learning to be dapat diberikan
subjek seperti Kewargaan Negara (Civics), Filsafat, Manajemen
Pribadi, dan lain-lain, yang dapat dikelompokkan ke dalam
kompetensi lain. Pilar ke empat yaitu learning to live together
dapat dipenuhi dengan subjek seperti keterampilan komputer,
keterampilan informasi, dan keterampilan belajar. Suparno (2002),
menyebut kompetensi pendukung di luar ilmu dasar dan
kompetensi lain tersebut sebagai kompetensi umum, walaupun
mengemukakan subjek-subjek yang berbeda.
Secara praktis, usulan tentang cakupan kompetensi untuk
perguruan tinggi beserta alternatif standar yang digunakan tertera
pada Tabel 1. Untuk kelompok kompetensi utama tidak akan
dijelaskan secara mendalam, karena setiap program studi akan
memiliki kurikulum yang berbeda. Hal tersebut pada umumnya
banyak dibahas atau menjadi urusan masing-masing bidang studi.
Demikian pula dengan kompetensi pendukung yang merupakan
matakuliah atau ilmu dasar bagi matakuliah pada kompetensi
utama, dan kelompok subjek umum lainnya yang dapat
diterapkan untuk semua program studi.
101