Page 117 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 117

Cakrawala Pendidikan 3



         tersebut,  yaitu  keterampilan  belajar  khusus  dalam  bidang
         matematika,   ilmu   pengetahuan   alam,   sastra,   bahasa
         (pengembangan  perbendaharaan  kata),  dan  lain  sebagainya
         (Devine,  1987).
                Keterampilan  tersebut  apabila  dengan  sengaja  diajarkan
         kepada  mahasiswa,  maka  keberhasilan  belajar  mereka  akan
         meningkat.  Selain  itu  keterampilan  tentang  bagaimana  cara
         belajar tersebut dapat selalu dipakai setelah  mahasiswa lulus dan
         masuk  ke  dunia  kerja.  Dengan  penguasaan  kompetensi  tersebut
         diharapkan  mereka  menjadi  lebih  terampil  bekerja  dan  mampu
         mempelajari  pengetahuan  dan  keterampilan  baru  secara  lebih
         efektif.  Keterampilan  belajar  ini  berkaitan  erat  pula  dengan
         manajemen  pribadi  dan  menjadi  modal  utama  bagi  seseorang
         untuk learning how to learn.


         Manajemen  Pribadi.  Manajemen  pribadi  adalah  kompetensi
         yang  berkaitan  dengan  bagaimana  membuat  seseorang  menjadi
         lebih   efektif  dalam   bekerja,   belajar,   dan   memecahkan
         permasalahan  secara  pribadi.  Manajemen  pribadi  merupakan
         sekumpulan  teknik  tentang  bagaimana  merencanakan  dan
         mencapai tujuan,  bagaimana mendapatkan arahan dan dukungan
         yang  dibutuhkan.  dan  bagaimana  mengelola  pribadi  dan
         hubungan  interpersonal  secara  lebih  efektif  (Covey,  1989).
         Secara  teknis,  materi  ini  akan  mencakup  topik  seperti  bersikap
         proaktif,   menentukan   visi   pribadi,   menentukan   prioritas,
         mengelola waktu,  teknik  berkomunikasi  dan  bekerjasama dengan
         empati, serta sikap selalu memperbaiki diri secara terus menerus.
                Karena  sifatnya  yang  praktis  dan  tergolong  sebagai
         keterampilan  hidup,  keterampilan  ini  mungkin tidak perlu  dikemas
         dalam satu matakuliah yang khusus namun dapat diberikan dalam
         bentuk  rangkaian  kursus  atau  pelajaran  tambahan  di  luar
         kurikulum.  Pengetahuan dan keterampilan  ini sangat praktis untuk
         diterapkan  baik  dalam  proses  belajar  ataupun  dalam  pekerjaan.
         Dengan  kompetensi  tersebut  seseorang  diharapkan  dapat  lebih
         adaptif  menghadapi  lingkungan  sosialnya,  kondisi  kerja,  dan
         memiliki sikap hidup yang efektif.





                                                                 105
   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122