Page 117 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 117
Cakrawala Pendidikan 3
tersebut, yaitu keterampilan belajar khusus dalam bidang
matematika, ilmu pengetahuan alam, sastra, bahasa
(pengembangan perbendaharaan kata), dan lain sebagainya
(Devine, 1987).
Keterampilan tersebut apabila dengan sengaja diajarkan
kepada mahasiswa, maka keberhasilan belajar mereka akan
meningkat. Selain itu keterampilan tentang bagaimana cara
belajar tersebut dapat selalu dipakai setelah mahasiswa lulus dan
masuk ke dunia kerja. Dengan penguasaan kompetensi tersebut
diharapkan mereka menjadi lebih terampil bekerja dan mampu
mempelajari pengetahuan dan keterampilan baru secara lebih
efektif. Keterampilan belajar ini berkaitan erat pula dengan
manajemen pribadi dan menjadi modal utama bagi seseorang
untuk learning how to learn.
Manajemen Pribadi. Manajemen pribadi adalah kompetensi
yang berkaitan dengan bagaimana membuat seseorang menjadi
lebih efektif dalam bekerja, belajar, dan memecahkan
permasalahan secara pribadi. Manajemen pribadi merupakan
sekumpulan teknik tentang bagaimana merencanakan dan
mencapai tujuan, bagaimana mendapatkan arahan dan dukungan
yang dibutuhkan. dan bagaimana mengelola pribadi dan
hubungan interpersonal secara lebih efektif (Covey, 1989).
Secara teknis, materi ini akan mencakup topik seperti bersikap
proaktif, menentukan visi pribadi, menentukan prioritas,
mengelola waktu, teknik berkomunikasi dan bekerjasama dengan
empati, serta sikap selalu memperbaiki diri secara terus menerus.
Karena sifatnya yang praktis dan tergolong sebagai
keterampilan hidup, keterampilan ini mungkin tidak perlu dikemas
dalam satu matakuliah yang khusus namun dapat diberikan dalam
bentuk rangkaian kursus atau pelajaran tambahan di luar
kurikulum. Pengetahuan dan keterampilan ini sangat praktis untuk
diterapkan baik dalam proses belajar ataupun dalam pekerjaan.
Dengan kompetensi tersebut seseorang diharapkan dapat lebih
adaptif menghadapi lingkungan sosialnya, kondisi kerja, dan
memiliki sikap hidup yang efektif.
105