Page 118 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 118
lndrawati, Implikasi Standar Pendidikan
Standar Kompetensi
Standar kompetensi menggambarkan pengetahuan,
keterampilan, dan perilaku yang dipersyaratkan sehingga lulusan
suatu pendidikan tinggi dapat bekerja secara efektif di tempat
kerjanya. Standar mencakup deskripsi tentang kompetensi yang
harus dikuasai dan kriteria kinerja atau ukuran keberhasilan
seperti apa yang harus dicapai. Standar kompetensi secara
akademik memberi arahan pada proses kegiatan belajar
mengajar, menunjukkan secara jelas apa yang harus dipelajari
mahasiswa, dan apa yang harus diajarkan oleh dosen.
Banyak ahli pendidikan yang berpendapat bahwa
penyusunan standar akan bermanfaat untuk mencapai setidak-
tidaknya 3 tujuan sebagai berikut (Duffy, 2002).
1. Standar memperjelas dan menyatakan bahwa semua
pembelajar diharapkan dapat berhasil secara akademik.
2. Penyusunan standar melibatkan para stakeholder dalam
keputusan tentang apa yang harus diketahui dan dapat
dikerjakan oleh para lulusan.
3. Penyusunan standar melibatkan guru dan anggota institusi
lainnya dalam proses perbaikan secara terus menerus.
Standar akademik pada umumnya mencakup tiga hal
sebagai berikut (Duffy, 2002).
1. Standar materi akademik, yang menunjukkan ide,
ketrampilan, dan pengetahuan yang dianggap penting untuk
dipelajari mahasiswa.
2. Standar kinerja, yang disebut juga sebagai indikator
mendefinisikan kinerja atau keberhasilan menguasai
kompetensi, misalnya seberapa baikkah yang dianggap baik,
sangat baik, dan lain sebagainya.
3. Tingkat profisiensi, yang menentukan sampai seberapa atau
sampai sederajat apa mahasiswa diharapkan dapat
mempraktekkan kompetensi yang dimaksud.
Untuk menghadapi tuntutan global dan ekonomi berbasis
ilmu pengetahuan, maka standard kompetensi perguruan tinggi
harus dikembangkan, baik secara lokal, nasional, regional, dan
internasional. Secara nasional, negara dapat memprakarsai
penyusunan standar kompetensi bagi pendidikan tinggi, misalnya
106