Page 101 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 101
Cakupan Kompetensi dan
Standard Kompetensi Lulusan
Perguruan Tinggi
~ersitas didirikan untuk mengembangkan individu
yang memiliki pengetahuan luas, pandangan luas, kemampuan
berpikir kritis, dan peka terhadap situasi lingkungan, serta
kematangan emisonal, dan moral yang tinggi. Visi tersebut
diturunkan dari tantangan dan keadaan masyarakat secara global
yang berpengaruh terhadap setiap institusi pendidikan tinggi (PT),
termasuk pendidikan tinggi di Indonesia. Mempertimbangangkan
tantangan tersebut, maka Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi di
Indonesia mendeskripsikan visi tersebut sebagai: "Pada tahun
2010, Indonesia memiliki kemampuan kompetitif yang diakibatkan
oleh keberadaan institusi pendidikan tinggi yang sangat
bereputasi tinggi". Agar visi terse but dapat tercapai tepat pad a
waktunya maka visi harus dijabarkan ke dalam sasaran dan
tujuan yang lebih operasional se spesifik mungkin sampai ke
dalam kurikulum.
Peningkatan daya saing menjadi kata kunci pencapaian
visi, yang diterjemahkan ke dalam Kurikulum 2002, yang dikenal
sebagai Pendidikan Berbasis Kompetensi (PBK). Dalam PBK
tersebut cakupan kompetensi PT meliputi kompetensi utama,
kompetensi pendukung, dan kompetensi lain. Ketiga kelompok
kompetensi tersebut harus mengakomodasi empat pilar
pendidikan tinggi yang dicanangkan pada Konferensi Pendidikan
Tinggi yang diselenggarakan UNESCO tahun 1998, yaitu learning
to know, learning to do, learning to be, dan learning to live
together. Selain keempat pilar tersebut untuk mempersiapkan
lulusan PT agar dapat berdaya saing menghadapi berbagai
89