Page 98 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 98

Suripto &  Sumiyati,  Kompetensi Lulusan Lembaga Pendidikan


         efisien.  Untuk  itu  guru  harus  terampil  memilih  media  agar  tidak
         mengalami kesukaran dalam menunaikan tugas.
                 Beberapa jenis  media  yang  lazim  dipakai  dalam  kegiatan
         bela jar mengajar khususnya di  Indonesia adalah:  (1)  media gratis,
         seperti;  gambar/foto;  sketsa;  diagram;  bagan/chart;  grafik;  kartun;
         poster;  petalg/obe;  papan  flannel,  dan  papan  bulletin;  (2)  media
         audio,   seperti;   radio;   alat  perekam  pita  magnetik,  dan
         laboratorium  bahasa,  dan;  (3)  media  proyeksi  diam,  seperti;  film
         bingkai;  film  rangkai;  media  transparansi;  proyektor  tak  tembus
         pandang;  mikrofis;  film;  film  gelang;  televisi;  video,  dan
         permainan/simulasi.
                 Sedangkan  media  lain  yang  tergolong  media  pendidikan
         adalah  manusia  (pengajar),  benda  yang  sesungguhnya,  dan
         peristiwa yang  sebenarnya terjadi.  Ada  pula  yang  dikenal dengan
         media  tulis  dan  cetak,  seperti;  surat  kabar;  majalah,  dan  lain
         sebagainya.  Selain  media  tersebut  di  atas  masih  ada  lagi  media
         yang  lain seperti papan tulis,  meja,  kursi,  dan  sebagainya.  Semua
         media  ini  disebut  media  material,  sebab  semuanya  konkret  dan
         dapat dilihat dengan mata.  Media material ini disebut juga sebagai
         'alat bantu audiovisual'.
                 Dalam  proses  belajar  mengajar,  bukan  hanya  media
         material saja yang  dijadikan penunjang  pencapaian  tujuan,  media
         non  materialpun  dipergunakan.  Ada  beberapa  macam  media
          nonmaterial  yang  sering  dipakai  sebagai  media  pendidikan  pada
          umumnya.  Media-media  itu  adalah  berupa  suruhan,  larangan,
         nasihat,  hukuman,  peringatan,  bimbingan,  hadiah,  pujian,  dan
         sebagainya.
                 Terlepas  dari  pembicaraan  mengenai  bentuk-bentuk  dan
         jenis-jenis  media  dalam  pendidikan,  dan  terkait  dengan  masalah
          pemilihan  media,  maka  semuanya  akan  berpulang  kepada  guru
         yang  juga  berfungsi  sebagai  media.  Guru  merupakan  satu-
          satunya  media  bergerak  yang  membimbing  siswa.  Setiap  guru
          memiliki  kepribadian  masing-masing  sesuai  ciri-ciri  pribadi  yang
          mereka miliki.  Ciri-ciri ini yang membedakan seorang guru dengan
         guru lainnya.  Kepribadian sebenarnya adalah suatu masalah yang
          abstrak,  yang  hanya  dapat  dilihat  lewat  penampilan,  tindakan,
          ucapan,  cara  berpakaian,  dan  dalam  menghadapi  setiap
          persoalan.




          86
   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103