Page 98 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 98
Suripto & Sumiyati, Kompetensi Lulusan Lembaga Pendidikan
efisien. Untuk itu guru harus terampil memilih media agar tidak
mengalami kesukaran dalam menunaikan tugas.
Beberapa jenis media yang lazim dipakai dalam kegiatan
bela jar mengajar khususnya di Indonesia adalah: (1) media gratis,
seperti; gambar/foto; sketsa; diagram; bagan/chart; grafik; kartun;
poster; petalg/obe; papan flannel, dan papan bulletin; (2) media
audio, seperti; radio; alat perekam pita magnetik, dan
laboratorium bahasa, dan; (3) media proyeksi diam, seperti; film
bingkai; film rangkai; media transparansi; proyektor tak tembus
pandang; mikrofis; film; film gelang; televisi; video, dan
permainan/simulasi.
Sedangkan media lain yang tergolong media pendidikan
adalah manusia (pengajar), benda yang sesungguhnya, dan
peristiwa yang sebenarnya terjadi. Ada pula yang dikenal dengan
media tulis dan cetak, seperti; surat kabar; majalah, dan lain
sebagainya. Selain media tersebut di atas masih ada lagi media
yang lain seperti papan tulis, meja, kursi, dan sebagainya. Semua
media ini disebut media material, sebab semuanya konkret dan
dapat dilihat dengan mata. Media material ini disebut juga sebagai
'alat bantu audiovisual'.
Dalam proses belajar mengajar, bukan hanya media
material saja yang dijadikan penunjang pencapaian tujuan, media
non materialpun dipergunakan. Ada beberapa macam media
nonmaterial yang sering dipakai sebagai media pendidikan pada
umumnya. Media-media itu adalah berupa suruhan, larangan,
nasihat, hukuman, peringatan, bimbingan, hadiah, pujian, dan
sebagainya.
Terlepas dari pembicaraan mengenai bentuk-bentuk dan
jenis-jenis media dalam pendidikan, dan terkait dengan masalah
pemilihan media, maka semuanya akan berpulang kepada guru
yang juga berfungsi sebagai media. Guru merupakan satu-
satunya media bergerak yang membimbing siswa. Setiap guru
memiliki kepribadian masing-masing sesuai ciri-ciri pribadi yang
mereka miliki. Ciri-ciri ini yang membedakan seorang guru dengan
guru lainnya. Kepribadian sebenarnya adalah suatu masalah yang
abstrak, yang hanya dapat dilihat lewat penampilan, tindakan,
ucapan, cara berpakaian, dan dalam menghadapi setiap
persoalan.
86