Page 95 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 95

Cakrawala Pendidikan 3



         memudahkan  guru  mengelola  proses  belajar  mengajar,  sebab
         dengan kelas kecil, jumlah siswa juga relatif sedikit.
                Kelas  adalah  suatu  ruangan  sebagai  tempat  terjadinya
         proses  belajar  mengajar.  Suasana  kelas  yang  baik  dan  serasi
         adalah  kelas  yang  dapat  menyediakan  kondisi  yang  kondusif.
         Oleh  karena  itu  guru  harus  mengelola  kelas  agar tercipta  proses
         belajar mengajar yang  kondusif.  Rung  kelas yang  kotor,  meja dan
         kursi  yang  tidak  teratur,  tidak  memiliki  jendela,  sampah
         berhamburan,  tidak  memiliki  gambar-gambar  yang  berhubungan
         dangan  pendidikan  dan  sebagainya  tidak  akan  mungkin  dapat
         menciptakan  proses  belajar  mengajar  yang  kondusif.  Kondisi
         seperti  ini  mengganggu  jalannya  penyampaian  bahan  pelajaran
         kepada siswa.  Siswa tidak betah  di  dalam  kelas yang  disebabkan
         kelas tidak menyediakan udara yang  segar dan sehat.
                Kondisi  di  atas  menjadi  tanggung  jawab guru  bagaimana
         mengatur meja  dan  kursi,  membuat jendela,  menjaga  kebersihan
         ruang  kelas,  mengatur hiasan di  dinding denganmeletakkan  pada
         posisi  yang  tepat  dan  sebagainya  di  dalam  ruang  kelas.  Guru
         harus  pandai  mengelola  kelas  agar  siswa  betah  tinggal  di
         dalamnya  untuk  menerima  bahan  pelajaran  dalam  interval  waktu
         tertentu.
                Dalam  usaha  pengelolaan  kelas,  guru  bisa  melibatkan
         siswa  secara  langsung.  Mendidik  mereka  bagaimana  cara
         mengelola kelas yang baik dan  benar.  Kepada mereka diserahkan
         tugas  dan  kewajiban  untuk  membersihkan  ruang  kelas  secara
         bergiliran.  Untuk  itu  guru  sebaiknya  mendidik mereka bagaimana
         membuat jadwal menyapu, jadwal pelajaran dan sebagainya.
                Dalam  proses  belajar  mengajar,  guru  harus  bisa
         menyediakan  iklim  yang  serasi.  lklim  belajar  yang  tidak  serasi
         apabila ada di antara tingkah  laku  siswa  yang  tidak terlibat dalam
         aktivitas  belajar.  Gejala  ini  akan  terlihat  bila  ada  siswa  yang
         membuat  keributan,  mengantuk,  mengganggu  temannya  yang
         sedang  belajar,  keluar  masuk  kelas,  dan  sebagainya.  Tingkah
         laku  siswa  yang  demikian  harus  diarahkan  guru  dengan  cara
         menghentikannya  dan  memerintahkannya  pada  perbuatan  yang
         produktif dan bermakna.
                Dalam     hal   pengaturan   tempat   duduk,   dapat
         dikelompokkan  sebagai  berikut:  (1)  anggota  kelompok  (siswa)
         yang  ditempatkan  di  tengah  kemungkinan  besar  keluar  sebagai


                                                                  83
   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100