Page 96 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 96
Suripto & Sumiyati, Kompetensi Lulusan Lembaga Pendidikan
pemimpin kelompok (siswa); (2) pemimpin-pemimpin kelompok
(siswa) mungkin muncul dari bag1an meja yang paling sedikit
pesertanya (siswanya); (3) apabila komunikasi bebas; komunikasi
terbanyak akan terjadi antara mereka (siswa) yang duduk
berhadapan, sementara komunikasi minimal akan terjadi antara
mereka yang duduk bersebelahan. Dengan kata lain, komunikasi
akan cenderung mengalir menyilang ketimbang mengitari meja.
Jadi, pengaturan tempat duduk mempengaruhi jalannya diskusi
(proses belajar mengajar), yang pada gilirannya mempengaruhi
munculnya pola kepemimpinan dalam kelompok (siswa).
Guru dapat memanfaatkan penemuan ini, siswa yang
pemalu dan agak tersisih dapat didudukkan di tempat-tempat di
mana mereka lebih dimungkinkan untuk menyumbangkan buah
pikiran dalam situasi normal. Sedangkan siswa yang cerewet dan
terbuka dapat didudukkan di tempat-tempat yang mungkin agak
membatasi sumbangan pikiran mereka. Selain itu, guru sekurang-
kurangnya sudah agak dapat memastikan, siapa yang akan
berlatih sebagai pemimpin, dengan menempatkan seorang siswa
di tengah atau pada sisi meja di mana paling kurang peserta didik
yang duduk dalam kelompok.
Oleh karena itu, pengaturan tempat duduk akan
mempengaruhi proses belajar mengajar. Daya serap siswa
terhadap suara/penjelasan guru juga berbeda, siswa yang duduk
berdekatan dengan meja guru atau yang duduk di depan kelas
lebih jelas mendengarkan penjelasan guru dan sebagian besar
bahan pelajaran dapat diperhatikan dengan baik. Sementara
siswa yang duduk paling belakang kelas kurang jelas
mendengarkan penjelasan guru dan kemungkinan besar bahan
pelajaran kurang diperhatikan. A.palagi dengan suara guru yang
terlalu kecil dan ruang kelas yang besar dengan jumlah siswa
yang besar pula.
Penempatan alat peraga, media, dan gambar-gambar
harus ditempatkan sesuai dengan tujuan pengajaran. Alat-alat itu
sebaiknya mudah dilihat dan leluasa untuk diperagakan. Jika
menggunakan OHP (Over Head Projector), sebaiknya di tempat
yang aman dan leluasa untuk dilihat Gambar digantungkan di
tempat yang cukup menarik, mudah dilihat, dan tidak
mengganggu pandangan yang lain.
84