Page 92 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 92

Suripto &  Sumiyati,  Kompetensi Lulusan Lembaga Pendidikan



              Metode  diskusi.  Dalam  kehidupan  sehari-hari  manusia
       seringkali dihadapkan pada  persoalan-persoalan yang  tidak dapat
       dipecahkan  hanya  dengan  satu  jawaban  atau  satu  cara  saja,
       tetapi  perlu,  menggunakan  banyak  pengetahuan  dan  macam-
       macam  cara  pemecahan  dan  mencari  jalan  yang  terbaik.
       Tambahan  pula  banyak  masalah-masalah  di  dunia  dewasa  ini
       yang  memerlukan  pembahasan  oleh  lebih  dari  satu  orang  saja,
       yakni  masalah-masalah  yang  memerlukan  kerjasama  dan
       musyawarah.  Dan  bilamana  demikian  maka  musyawarah  atau
       diskusi yang  memberi kemungkinan pemecahan yang terbaik.
               Pertanyaan   yang   layak   didiskusikan   ialah   yang
       mempunyai  sifat-sifat  sebagai  berikut:  (  1)  menarik  min at  siswa
       yang  sesuai  dengan  tarafnya;  (2)  mempunyai  kemungkinan-
       kemungkinan jawaban lebih dari sebuah,  dan;  (3)  mengutamakan
       pertanyaan yang mempertimbangkan atau membandingkan.
               Peranan  guru  sebagai  pemimpin  diskusi  memainkan  tiga
       peranan:  (1)  pemimpin  sebagai  pengatur  lalu  lintas,  bertujuan
       untuk  mengumpulkan  pendapat  dari  semua  orang;  (2)  pemimpin
       sebagai  dinding  penangkis,  senantiasa  menerima  pertanyaan-
       pertanyaan  dari  peserta  untuk  dipantulkan  kembali  kepada
       kelompok,  dan;  (3)  pemimpin  sebagai  penunjuk  jalan,  memberi
       petunjuk-petunjuk umum mengenai kemajuan-kemajuan diskusi.

       Pengelompokkan Kelas

               Pengelompokan  kelas adalah  salah  satu tugas guru  yang
       tidak  pernah  ditinggalkan.  Guru  selalu  mengelola  kelas  ketika  ia
       melaksanakan  tugasnya.  Pengelolaan  kelas  dimaksudkan  untuk
        menciptakan  lingkungan  belajar  yang  kondusif  bagi  anak  didik
        sehingga  tercapai  tujuan  pengajaran  secara  efektif  dan  efisien.
        Sebelum   beranjak  lebih  jauh,  maka  penting  untuk  diketahui
        pengertian pengelolaan kelas berikut ini.
               Pengelolaan  kelas terdiri dari dua kata,  yaitu  pengelolaan
        dan  kelas.  Pengelolaan  itu  sendiri  akar  katanya  adalah  'kelola',
        ditambah  awalan  'pe'  dan  akhiran  'an'.  lstilah  lain  dari  kata
        pengelolaan  adalah  'manajemen'.  Manajemen  adalah  kata  yang
        aslinya  dari  bahasa  inggris,  yaitu  'management',  yang  berarti
        ketatalaksanaan,  tata  pimpinan,  pengelolaan.  Sedangkan  kelas
        adalah  ruangan  yang  dibatasi  oleh  empat  dinding,  tempat



        80
   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96   97