Page 90 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 90

Suripto &  Sumiyati,  Kompetensi Lulusan Lembaga Pendidikan



         tetap  tidak  bisa  ditinggalkan  begitu  saja  dalam  kegiatan
         pengajaran.  Apalagi dalam pendidikan  dan  pengajaran tradisional
         seperti di  pedesaan yang  kekurangan fasilitas.
                Ceramah  adalah  penuturan  lisan  dari  guru  kepada
         siswanya.   Pada   hakikatnya,   ceramah   adalah   kegiatan
         memberikan  informasi  dengan  kata-kata  di  depan  orang  banyak.
         Penyampaian  informasi  dengan  kata-kata  sering  mengaburkan
         dan  kadang-kadang  ditafsirkan  salah.  Hal  ini  dimungkinkan  pula
         oleh  sifat metodenya  itu  sendiri,  yaitu:  (1}  metode  ceramah  tidak
         banyak  memberikan  kesempatan  untuk  berdiskusi;  (2)  metode
         ceramah  kurang  memberi  kesempatan  kepada  siswa  untuk
         mengeluarkan  pendapat;  (3)  pertanyaan  lisan  dalam  ceramah
         kurang  dapat  ditangkap  oleh  pendengaran,  dan;  (4)  metode
         ceramah  kurang  cocok  dengan  tingkat  kemampuan  anak  yang
         masih  kecil.  Agar  ceramah  menjadi  metode  yang  baik,  perlu
         diperhatikan  saran  berikut:  (1)  metode  ceramah  digunakan  jika
         jumlah  khalayak  cukup  banyak;  (2)  metode  ceramah  dipakai jika
         guru  akan  memperkenalkan  materi  pelajaran  baru;  (3)  metode
         ceramah  dipakai  jika  khalayaknya  telah  mampu  menerima
         informasi  melalui  kata-kata;  (4)  sebaiknya  ceramah  diselingi  oleh
         penjelasan  melalui  gambar,  gerak,  dan  alat-alat  visual  lainnya,
         dan;  (5)  sebelum  ceramah  dimulai,  sebaiknya  guru  berlatih  dulu
         memberikan ceramah.
                 Langkah-langkah  dalam  memberikan  metode  ceramah
         agar  efektif  dan  efisien  adalah   (1)  melakukan  kegiatan
         pendahuluan  sebelum  bahan  baru  diberikan,  dengan  cara;
         merumuskan  tujuan,  mengemukakan  pokok-pokok  materi,  dan
         memancing  pengalaman  siswa  yang  cocok  dengan  materi;  (2)
         menyajikan  bahan  baru  dengan  memperhatikan  faktor-faktor
         sebagai  berikut;  perhatian  siswa  dari  awal  sampai  akhir  harus
         tetap  dipelihara,  menyajikan  pelajaran  secara  sistematis,  dan
          kegiatan  belajar  diciptakan  secara  variatif,  dan;  (3)  menutup
         pelajaran  pada  akhir  pelajaran,  dengan  cara;  mengambil
         kesimpulan  dari  semua  pelajaran  yang  telah  diberikan,  memberi
          kesempatan  kepada  siswa  untuk  menanggapi  materi  pelajaran,
         dan  melaksanakan penilaian secara komprehensif.
                 Metode tanya  jawab.  Banyak  hal  yang  dapat dibicarakan
         tentang  teknik  mengajar  yang  baik,  antara  lain  melalui  teknik
          bertanya.  Pertanyaan  adalah  pembangkit  motivasi  yang  dapat



          78
   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95