Page 90 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 90
Suripto & Sumiyati, Kompetensi Lulusan Lembaga Pendidikan
tetap tidak bisa ditinggalkan begitu saja dalam kegiatan
pengajaran. Apalagi dalam pendidikan dan pengajaran tradisional
seperti di pedesaan yang kekurangan fasilitas.
Ceramah adalah penuturan lisan dari guru kepada
siswanya. Pada hakikatnya, ceramah adalah kegiatan
memberikan informasi dengan kata-kata di depan orang banyak.
Penyampaian informasi dengan kata-kata sering mengaburkan
dan kadang-kadang ditafsirkan salah. Hal ini dimungkinkan pula
oleh sifat metodenya itu sendiri, yaitu: (1} metode ceramah tidak
banyak memberikan kesempatan untuk berdiskusi; (2) metode
ceramah kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk
mengeluarkan pendapat; (3) pertanyaan lisan dalam ceramah
kurang dapat ditangkap oleh pendengaran, dan; (4) metode
ceramah kurang cocok dengan tingkat kemampuan anak yang
masih kecil. Agar ceramah menjadi metode yang baik, perlu
diperhatikan saran berikut: (1) metode ceramah digunakan jika
jumlah khalayak cukup banyak; (2) metode ceramah dipakai jika
guru akan memperkenalkan materi pelajaran baru; (3) metode
ceramah dipakai jika khalayaknya telah mampu menerima
informasi melalui kata-kata; (4) sebaiknya ceramah diselingi oleh
penjelasan melalui gambar, gerak, dan alat-alat visual lainnya,
dan; (5) sebelum ceramah dimulai, sebaiknya guru berlatih dulu
memberikan ceramah.
Langkah-langkah dalam memberikan metode ceramah
agar efektif dan efisien adalah (1) melakukan kegiatan
pendahuluan sebelum bahan baru diberikan, dengan cara;
merumuskan tujuan, mengemukakan pokok-pokok materi, dan
memancing pengalaman siswa yang cocok dengan materi; (2)
menyajikan bahan baru dengan memperhatikan faktor-faktor
sebagai berikut; perhatian siswa dari awal sampai akhir harus
tetap dipelihara, menyajikan pelajaran secara sistematis, dan
kegiatan belajar diciptakan secara variatif, dan; (3) menutup
pelajaran pada akhir pelajaran, dengan cara; mengambil
kesimpulan dari semua pelajaran yang telah diberikan, memberi
kesempatan kepada siswa untuk menanggapi materi pelajaran,
dan melaksanakan penilaian secara komprehensif.
Metode tanya jawab. Banyak hal yang dapat dibicarakan
tentang teknik mengajar yang baik, antara lain melalui teknik
bertanya. Pertanyaan adalah pembangkit motivasi yang dapat
78