Page 99 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 99

Cakrawala Pendidikan 3


                 Seorang  guru  harus menampilkan kepribadian  yang  baik,
          tidak saja ketika melaksanakan tugasnya di  sekolah,  tetapi di  luar
          sekolahpun  guru  harus  menampilkan  kepribadian  yang  baik.  Hal
          ini  untuk  menjaga  wibawa  dan  citra  guru  sebagai  pendidik  yang
          selalu  digugu  dan ditiru oleh  siswa atau  masyarakat.  Bila seorang
          guru  melakukan  suatu  perbuatan  asusila  dan  amoral  maka  ia
          telah merusak wibawa dan citranya di tengah masyarakat.
                 Kepribadian  adalah  unsur  yang  cukup  menentukan
          keakraban  hubungan  guru  dan  siswa.  Kepribadian  guru  akan
          tercermin  dalam  sikap  dan  perbuatannya  dalam  membina  dan
          membimbing  siswa.  Guru  yang  dapat  mengerti  tentang  kesulitan
          siswa  dalam  hal  belajar  dan  kesulitan  lainnya  di  luar  masalah
          belajar  yang  dapat  menghambat  kegiatan  belajar,  maka  akan
          disenangi siswanya.

          Kesimpulan
                 Dari  uraian di  atas,  dapat disimpulkan bahwa kompetensi
          mutlak  dimiliki  oleh  seorang  calon  guru  sebagai  bekal
          terlaksananya  tugas  mengajar  dengan  baik.  Dalam  tulisan  ini
          yang  dimaksud  dengan  kompetensi  mengajar adalah  merupakan
          suatu  bentuk  kemampuan  yang  dimiliki  oleh  guru  maupun  calon
          guru  dalam proses transformasi pendidikan yang  ditandai dengan
          adanya:  (1)  penguasaan  bahan,  meliputi;  penguasaan  bahan
          bidang  studi;  (2)  penguasaan  metode,  meliputi;  metode ceramah,
          metode tanya jawab,  dan  metode  diskusi;  (3)  pengelolaan  kelas,
          meliputi;  pengaturan  tempat  duduk,  dan  penciptaan  iklim  kelas
          yang  kondusif,  dan;  (4)  penggunaan  media,  meliputi;  media  itu
          sendiri,  dan guru sebagai media.

















                                                                   87
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104