Page 28 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 28
Winataputra, Standar Nasional Pendidikan
hatiannya. Oleh karena itu dapat pula dikatakan bahwa
akuntabilitas belajar bersifat internal-individual, sedangkan
akuntabilitas pembelajaran bersifat publik. Dalam konteks
pendidikan nasional sesuai dengan Undang-Undang No. 20 tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, proses pembelajaran
dalam arti yang luas merupakan jantungnya dari pendidikan nilai
untuk membangun watak atau karakter dalam rangka
pencerdasan kehidupan bangsa. Pencapaian tujuan pendidikan
nasional melalui pembelajaran yang mendidik, dialogis,
membudayakan dan memberdayakan yang secara substantif-
pedagogis harus menyentuh semua esensi tujuan pendidikan
nasional mulai dari iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, akhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan
menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab",
secara operasional sangat tergantung pada kualitas proses
pembelajarannya. Karena itu pembelajaran memiliki misi psiko-
pedagogis dan sosio-pedagogis, dalam rangka pengembangan
konsep, nilai-nilai dan keterampilan yang berkenaan dengan:
keberagamaan dalam konteks beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa; moral sosial kebergamaan dalam konteks
berakhlak mulia; nilai ketahanan jasmani dan rohani dalam
konteks sehat; kebenaran dan kejujuran akademis dalam konteks
berilmu melekat; terampil dan cermat dalam konteks cakap;
kebaruan (novelty) dalam konteks kreatfi; ketekunan dan percaya
diri dalam konteks mandiri; dan kebangsaan, demokrasi dan
patriotisme dalam konteks warga negara yang demokratis dan
bertanggungjawab" seyogyanya dilakukan dengan
mengorganisasikan proses pembelajaran yang bukan saja harus
berorientasi pada substansi nilai itu tetapi juga proses
pembelajarn itu harus menjadi model situasi yang mencerminkan
suasana dan iklim belajar yang sarat dengan semua nilai tersebut.
Penilaian yang Mengkaji dan Mengembangkan
Untuk mengetahui seberapa jauhkah pendidikan nilai
sebagai wahana pedagogis pembangunan watak atau karakter
dalam rangka pencerdasan kehidupan bangsa itu mencapai
dimensi tujuan pendidikan nasional mulai dari iman dan takwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, akhlak mulia, sehat, berilmu,
16