Page 210 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 210
Setiawati, Evaluasi Pembelajaran Bahasa
kemampuan mendengarkan pada ranah kognitif, sangat baik.
Sedangkan pada ranah afektif pada kesempatan ini mendapat
skor 23 yaitu menduduki kategori baik.
Jika guru ingin menggabungkan nilai kedua ranah
tersebut, harus dibuat rumusan penilaian, yakni:
Sk +Sa = Skm
2
Sk = skor kognitif
Sa = skor afektif
Skm = skor kemampuan mendengarkan
Dengan rumus tersebut diketahui bahwa kemampuan
menyimak Andin secara menyeluruh adalah:
25 + 23 = 24, berarti baik.
2
Format Penilaian Kemampuan Menulis
Kelas :VII
Sekolah : SMPN VII
Materi : T eks Be rita
Tanggal : 27 - 08 - 2006
Ranah Kognitif Ranah Afektif
Kemampuan Kemampuan Kemampuan Kebersihan Kein- Percaya
Memilih Menyusun Menyusun dahan Diri
Nama Kata/Diksi Struktur Paragraf Jml Jml Total Ket.
Kalimat
And in 7 6 6 19 8 7 7 22 41
Sandi
Caca
Kolom keterangan diisi dengan hal-hal yang menjadi
catatan bagi guru yang berkenaan dengan perilaku siswa dalam
mengerjakan tugas.
Kegiatan interpretasi
196