Page 210 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 210

Setiawati,  Evaluasi Pembelajaran Bahasa



       kemampuan  mendengarkan  pada  ranah  kognitif,  sangat  baik.
       Sedangkan  pada  ranah  afektif  pada  kesempatan  ini  mendapat
       skor 23 yaitu menduduki kategori  baik.
               Jika  guru  ingin  menggabungkan  nilai  kedua  ranah
       tersebut,  harus dibuat rumusan penilaian,  yakni:
       Sk +Sa  = Skm
          2
       Sk = skor kognitif
       Sa = skor afektif
       Skm = skor kemampuan mendengarkan

               Dengan  rumus  tersebut  diketahui  bahwa  kemampuan
       menyimak Andin secara menyeluruh adalah:
       25 + 23  = 24,  berarti baik.
          2

        Format Penilaian Kemampuan Menulis

        Kelas         :VII
        Sekolah       : SMPN VII
        Materi        : T eks Be rita
        Tanggal       : 27 - 08 - 2006

                     Ranah  Kognitif            Ranah Afektif
             Kemampuan  Kemampuan  Kemampuan   Kebersihan  Kein-  Percaya
              Memilih   Menyusun   Menyusun         dahan   Diri
        Nama   Kata/Diksi   Struktur   Paragraf   Jml         Jml  Total  Ket.
                        Kalimat
       And  in   7        6        6    19    8      7     7   22   41
        Sandi
        Caca


               Kolom  keterangan  diisi  dengan  hal-hal  yang  menjadi
        catatan  bagi  guru  yang  berkenaan  dengan  perilaku  siswa  dalam
        mengerjakan tugas.

        Kegiatan interpretasi




        196
   205   206   207   208   209   210   211   212   213   214   215