Page 215 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 215
Cakrawala Pendidikan 3
Asesmen fortofolio sebagai salah satu teknik yang
digunakan dalam evaluasi pembelajaran bahasa sangat
membantu guru dalam pengumpulan data tentang kemampuan
berbahasa siswa. Alat ini digunakan saat proses pembelajaran
berlangsung dan sebagai inventaris/koleksi hasil belajar siswa
yang sekaligus sebagai data kemajuan belajar siswa.
Saran
Untuk Guru
Untuk memperoleh hasil sebuah pembelajaran, guru perlu
menyusun perencanaan yang matang untuk setiap kegiatan.
Pertama, perencanaan pembelajaran dan kedua adalah
perencanaan evaluasi itu sendiri. Oleh sebab itu, ada dua hal
penting yang harus dilakukan guru sebelum mengajar yaitu:
menyusun rencana atau rancangan pembelajaran; dan menyusun
atau merancang evaluasi pembelajaran.
Evaluasi pembelajaran memiliki dua tujuan, yaitu untuk
mengetahui keberhasilan pelaksanaan program pembelajaran,
dan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Untuk dapat
mengumpulkan data tentang keberhasilan sebuah program
pembelajaran secara akurat, diperlukan alat ukur yang benar-
benar dapat digunakan dalam evaluasi pembelajaran. Oleh sebab
itu guru harus menyiapkan sejumlah instrumen untuk menilai
aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa
pada akhir pembelajaran, serta alat untuk mengukur keberhasilan
guru dalam program pembelajaran.
Untuk mengukur keberhasilan siswa dalam belajar
bahasa guru harus menggunakan teknik tes dan nantes, oleh
sebab itu guru juga harus dapat menyusun instrumen yang
berupa: soal-soal berkaitan dengan keterampilan berbahasa yang
meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan
menulis serta bersastra, berbagai format observasi untuk
mengikuti perkembangan belajar siswa selama proses
pembelajaran, dan menyiapkan alat untuk mengumpulkan data
perkembangan hasil belajar bahasa siswa.
Perencanaan program pembelajaran yang disusun oleh
guru juga perlu dievaluasi sebab dapat terjadi kekurangberhasilan
siswa dalam belajar bahasa disebabkan oleh perencanaan
201