Page 215 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 215

Cakrawala Pendidikan  3


                  Asesmen  fortofolio  sebagai  salah  satu  teknik  yang
           digunakan   dalam   evaluasi   pembelajaran   bahasa   sangat
           membantu  guru  dalam  pengumpulan  data  tentang  kemampuan
           berbahasa  siswa.  Alat  ini  digunakan  saat  proses  pembelajaran
           berlangsung  dan  sebagai  inventaris/koleksi  hasil  belajar  siswa
           yang sekaligus sebagai data kemajuan belajar siswa.

           Saran

           Untuk Guru
                  Untuk memperoleh hasil sebuah pembelajaran, guru perlu
           menyusun  perencanaan  yang  matang  untuk  setiap  kegiatan.
           Pertama,   perencanaan   pembelajaran   dan   kedua   adalah
           perencanaan  evaluasi  itu  sendiri.  Oleh  sebab  itu,  ada  dua  hal
           penting  yang  harus  dilakukan  guru  sebelum  mengajar  yaitu:
           menyusun rencana atau  rancangan  pembelajaran;  dan  menyusun
           atau merancang evaluasi pembelajaran.
                  Evaluasi  pembelajaran  memiliki  dua  tujuan,  yaitu  untuk
           mengetahui  keberhasilan  pelaksanaan  program  pembelajaran,
           dan  untuk  mengetahui  hasil  belajar  siswa.  Untuk  dapat
           mengumpulkan  data  tentang  keberhasilan  sebuah  program
           pembelajaran  secara  akurat,  diperlukan  alat  ukur  yang  benar-
           benar dapat digunakan dalam evaluasi pembelajaran.  Oleh sebab
           itu  guru  harus  menyiapkan  sejumlah  instrumen  untuk  menilai
           aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa
           pada akhir pembelajaran,  serta alat untuk mengukur keberhasilan
           guru dalam program pembelajaran.
                  Untuk  mengukur  keberhasilan  siswa  dalam  belajar
           bahasa  guru  harus  menggunakan  teknik  tes  dan  nantes,  oleh
           sebab  itu  guru  juga  harus  dapat  menyusun  instrumen  yang
           berupa:  soal-soal berkaitan dengan keterampilan  berbahasa yang
           meliputi  keterampilan  mendengarkan,  berbicara,  membaca,  dan
           menulis  serta  bersastra,  berbagai  format  observasi  untuk
           mengikuti   perkembangan   belajar   siswa   selama   proses
           pembelajaran,  dan  menyiapkan  alat  untuk  mengumpulkan  data
           perkembangan hasil belajar bahasa siswa.
                   Perencanaan  program  pembelajaran  yang  disusun  oleh
           guru juga perlu  dievaluasi sebab dapat terjadi kekurangberhasilan
           siswa  dalam  belajar  bahasa  disebabkan  oleh  perencanaan



                                                                   201
   210   211   212   213   214   215   216   217   218   219   220