Page 219 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 219

Cakrawala Pendidikan 3


          maka  sekolah  sebagai  unsur  terpenting  dalam  mencerdaskan
          bangsa  harus  diberdayakan.  Pemberdayaan  sekolah  dapat
          meningkatkan  kinerja  sekolah  yang  pada  muaranya  adalah
          terangkatnya  kualitas  pendidikan  dengan  memberikan  peran  dan
          ruang  gerak  kepada  masyarakat  dan  kesempatan  yang  sama
          dalam mengelola pendidikan (Sagala, 2004).
                 Salah  satu  unsur  dalam  peningkatan  kualitas  sekolah
          adalah  tersedianya sarana dan  prasarana yang  memadai.  Dalam
          kaitan  dengan  penjaminan  kualitas  penyediaan  sarana  dan
          prasarana  dengan  konteks  MBS  termasuk  dalam  spesifikasi
          standar  material/ bahan  yang  digunakan  (Sagala,  2004).  Hal  ini
          sejalan  dengan  upaya  yang  telah  dilakukan  oleh  pemerintah
          dalam  rangka  meningkatkan  kualitas  pendidikan  diantaranya
          adalah  peningkatan  kualitas  sarana  dan  prasarana  pendidikan
          termasuk  standar  bangunan  dan  perabot  sekolah  (Depdiknas,
          2003).  Jika  sekolah  diasumsikan  sebagai  suatu  lembaga
          pendidikan  yang  mirip  dengan  suatu  industri  yang  menghasilkan
          suatu  produk  maka  produk  yang  dihasilkan  merupakan  produk
          pendidikan  berupa  lulusan  (Depdiknas,  2005).  Jika  hal  ini
          dikaitkan  dengan  penjaminan  kualitas  penyediaan  sarana  dan
          prasarana  pendidikan  di  sekolah   yang  memenuhi  spesifikasi
          standar  yang  telah  ditetapkan  akan  mendukung/memfasilitasi
          proses pembelajaran yang ada di sekolah.
                 Sag ala  (2004)  menyatakan  sekolah  sebagai  institusi
          pendidikan dapat mengoptimalkan seluruh sumber daya yang  ada
          secara  efektif  dalam  mencapai  tujuan  dan  efisien  dalam
          penggunaan  sumber  daya  tersebut.  Dalam  konteks  MBS,
          pengelola  sekolah  dengan  kewenangan/otonomi  yang  ada  akan
          berusaha  agar  sekolah  yang  dikelolanya  mempunyai  mutu  yang
          unggul.  Salah  satu  upaya yang  dilakukan  adalah  melengkapi  dan
          memperbaiki  sarana  dan  prasarana  pendidikan  yang  dimiliki
          supaya  lebih  baik  dan  lengkap.  Jika  sarana  dan  prasaraa  yang
          dimiliki  oleh  sekolah  mempunyai  mutu/kualitas  yang  baik  dan
          dalam  jumlah  yang  lengkap,  diharapkan  hal  tersebut  dapat
          mendukung  proses  pembelajaran  siswa  sehingga  hasil  belajar
          siswa  menjadi  optimal  yang  pada  akhirnya  diharapkan  mutu
          belajar siswa meningkat.
                  Uraian dalam artikel  ini  akan  menfokuskan  pada masalah
          tentang  sarana  dan  prasarana  pendidikan  yang  harus tersedia  di



                                                                  205
   214   215   216   217   218   219   220   221   222   223   224